Bertambah 4, Perwira Polres Banyuwangi Yang Masuk Gerbong Mutasi Menjadi 11

Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin saat kunker Polres Banyuwangi pekan kemarin

Metrosoerya.net, BANYUWANGI – Perkembangan terbaru, jumlah perwira dilingkungan Polres Banyuwangi, yang mengalami rotasi jabatan ternyata tidak hanya 7 orang. Update terbaru, perwira yang pindah tugas bertambah menjadi 11 orang. Ini menyusul Surat Telegram (ST) Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin tertanggal 10 Agustus 2018.

ST yang dikeluarkan pada tanggal yang sama ternyata memuat empat nomer. Untuk 7 perwira termuat dalam ST No.1746/VIII/KEP/2018. Sedangkan 4 perwira lainnya tertera dalam ST No.1745/VIII/KEP/2018. Empat perwira lainnya itu diantaranya Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Ris Andrian Yudho Nugroho SIK yang bergeser ke Polres Kediri. Jabatan barunya sama seperti yang diemban selama satu tahun lebih di Tanah Blambangan. Perwira penggantinya adalah Kasatlantas Polres Jember AKP Prianggo Parlindungan Malau SIK.

Kabagren Kompol Harwiyono mendapat jabatan baru sebagai Kabagops Polres Jember. Posisinya digantikan oleh Kapolsek Gambiran AKP I Ketut Redana. Kursi ini bakal menghantarkan perwira pertama asal Klungkung, Bali tersebut naik pangkat menjadi menjadi komisaris polisi atau kompol. Kursi Gambiran 1 akan diisi oleh Kasubagdalops Bagops Polres Banyuwangi AKP Sumaryata.

AKP I Ketut Redana, Sabtu (11/8/18) mengaku telah mendapat kabar tentang kepindahan tugasnya. Dia pun mengaku mengurungkan niat untuk mengakhiri karir di ranah kepolisian di Mapolsek Gambiran seperti yang diidamkan sebelumnya.

“Tugas dimana saja harus siap. Termasuk mengemban tugas baru sebagai Kabagren Polres Banyuwangi,” ungkapnya.

Kabar mutasi 7 perwira yang lain tertuang dalam Surat Telegram No 1.746/VIII/KEP/2018. Diantaranya menyebut nama Kompol Samsudin, Kompol Agus Dwi Jatmiko (DJ), AKP Watiyo, AKP Imron, AKP Sudarmaji, AKP Mohammad Indra Najib serta AKP Bahrul Anam.

Kompol Agus Dwi Jatmiko dan AKP Watiyo dinon-job-kan. Agus DJ merupakan kapolsek (Urban) Genteng. Setelah dimutasi sebagai pama Polres Banyuwangi, komisari polisi asal Bangorejo itu bakal digantikan oleh Kompol Samsudin yang sebelumnya menjabat kabagops Polres Banyuwangi.

Posisi yang ditinggalkan Kompol Samsudin bakal diisi Kompol Sumartono. Nama Sumartono tidak asing di lingkungan Polres Banyuwangi. Pamen dengan satu melati di pundak ini merupakan warga Banyuwangi. Kediamannya tak jauh dari mapolres. Dia pernah menjadi kapolsek Genteng sebelum hijrah ke Polres Situbondo selaku kabagops.

Untuk AKP Watiyo dari kapolsek Bangorejo ditarik masuk sebagai pama Polres Banyuwangi. Kursi yang ditinggalkan ditempati oleh Kasubaghumas Polres Banyuwangi AKP Bahrul Anam. Jabatan kasubaghumas berdasarkan ST itu masih lowong.

Sementara, Kasat Narkoba AKP Mohammad Indra Najib SIK bakal promosi di Polres Ngawi. Jabatan baru yang menanti adalah kasatreskrim. Sepeninggalnya akan masuk AKP Imron. Perwira asal Kecamatan Kabat ini akan memimpin Satuan Reserse Narkoba Polres Banyuwangi. Selama ini AKP Imron sudah lama memegang nahkoda Satuan Bimbingan Masyarakat (Satbinmas) di lingkungan yang sama. Mantan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi AKP Sudarmaji yang sempat singgah sebagai Kasubagdalgar Bagren Polres Banyuwangi mendapat berkah menggantikan AKP Imron. (Aji)

Caption : Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin saat kunker Polres Banyuwangi pekan kemarin