Gerbong Mutasi Polri, Brigjen Pol M Iqbal Dipromosikan Wakapolda Jatim

Metrosoerya.net-Surabaya,  Pada peristiwa mutasi di jajaran pejabat Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) medio pertengahan Agustus 2018, kali ini sorot mata publik Surabaya tertuju pada sosok perwira tinggi yang mendapat promosi jabatan dan kedudukan nyaris di pucuk pimpinan.

Dia lah Brigjen Pol Muhammad Iqbal, SIK, yang berdasarkan surat telegram Kapolri bernomor ST/2015/VIII/2018 tanggal 13 Agustus 2018, dipromosikan menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Wakapolda Jatim), menggantikan Brigjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo.

Perwira tinggi Polri kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, yang kini menyandang bintang satu di pundaknya, ini sosoknya begitu lekat di hati “arek – arek Suroboyo” ketika ia bertugas sebagai Kapolrestabes Surabaya, tahun 2017 lalu.

Tidak hanya itu, cerita tentang Kapolrestabes Surabaya M. Iqbal (saat itu, Red) yang dikenal dekat dengan pelajar, diterima di kalangan ulama serta tokoh masyarakat lainnya, serta lekat dengan awak media, ketika itu seperti tidak ada habis – habisnya. Dan kini ia kembali ke Surabaya – Jawa Timur sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Wakapolda Jatim).

Selanjutnya jabatan yang ditinggalkan oleh Brigjen Pol M. Iqbal sebagai Karo Penmas Divhumas Polri akan digantikan oleh Brigjen Pol Dr Dedi Prasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah.

Berdasarkan telegram itu pula, posisi Kapolda Jawa Timur yang selama ini dijabat oleh Irjen Pol Drs Machfud Arifin akan digantikan oleh Irjen Pol Drs Luki Hermawan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri. Selanjutnya Irjen Pol Drs Machfud Arifin akan menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Mabes Polri. Sedangkan Brigjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo selanjutnya mendapatkan promosi jabatan sebagai Kapolda Riau.

Untuk jabatan Karo Multimedia Divhumas Polri yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Pol Drs Rikwanto selanjutnya akan dijabat oleh Kombes Pol Drs Budi Setiawan. Dan Brigjen Pol Drs Rikwanto mendapat promosi jabatan sebagai Wakapolda Kalteng.

Dalam gerbong mutasi kali ini juga terdapat nama Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Racmat Mulyana yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisosek Polri. Dan posisi Irjen Pol Drs Rachmat Mulyana akan digantikan oleh Irjen Pol Yazid Fanani yang sebelumnya bertugas di Baintelkam Polri (Penugasan BIN). (tim.Ratna Lopez Metrosoerya)