Penyerahan Hewan Qurban Idul Adha 1439H Secara Simbolis

Sorong, (METROSOERYA.NET) – Kasrem 171/PVT Kolonel Inf Dian Sudiana S,E menghadiri Acara Penyerahan Bantuan Hewan Qurban dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1439 H secara Simbolis kepada Masjid dan Mushola yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Sorong yang dipimpin oleh Wakil Walikota Sorong Dr. Hj. Pahimah Iskandar turut hadir Sekda Kota Sorong Drs. Welly Tigtig Weria, Plt Kepala Dinas Sosial Kota Sorong Drs. Wilhelmus Asmuruf, Pasi Korem 171/PVT dan para Pengurus Masjid dan Mushola dilingkungan Pemerintah Kota Sorong bertempat di Halaman Masjid Al Mujahidin Korem 171/PVT Jl. Pramuka No.1 Kota Sorong- Papua Barat, Senin (20/08/2018).

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sorong Dr. Hj. Pahimah Iskandar menyampaikan bahwa pada hakekatnya penyembelihan hewan kurban saat hari raya Idul Adha adalah untuk mengenang kembali suatu peristiwa iman yang terjadi pada diri Nabi Ibrahim AS dan putranya yaitu Nabi Ismail AS, terdapat 4 makna yang terkandung dalam peristiwa,Pertama sebagai umat Islam diharapkan dapat mengikuti jejak keimanan Nabi Ibrahim AS, Kedua jadilah Pemuda seperti sosok Nabi Ismail AS yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tuanya, Ketiga dianjurkan bagi umat Islam di hari raya Idul Adha ini yang telah mempunyai kesanggupan untuk menyembelih hewan kurban hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu tulus dan ikhlas, Keempat yaitu penyembelihan Hewan Qurban di samping menunaikan suatu perintah dalam syariat Islam juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir miskin karena hal tersebut merupakan suatu upaya untuk menghilangkan adanya jurang pemisah antara si kaya dan si miskin.

Pemberian hewan kurban adalah kegiatan yang biasa dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Kota Sorong. Hal ini merupakan suatu wujud kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap umat Islam di Kota Sorong untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta Alam serta menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama manusia. Adapun jumlah hewan Qurban yang akan diserahkan sebanyak 50 ekor sapi untuk 50 Masjid dan Mushola yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Sorong. (Rtyn Prima)