Menguak Wisata Situs Batu Pewadon di Kecamatan Trisi Kabupaten Indramayu

Indramayu-Metrosoerya, Indramayu merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat bagian pantura bersebelahan dengan Cirebon. Untuk orang yang tinggal dipulau jawa khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah, nama Indramayu sudah tidak asing lag, kecuali orang-orang yang tinggal di luar pulau jawa mereka mungkin asing mendengar nama Indramayu.

Kabupaten Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang menjadikannya layak untuk dikunjungi, Mungkin daerah-daerah wisata alam di daerah Kabupaten Indramayu tidak begitu terkenal dibandingkan dengan wisata alam didaerah Jawa Barat lainnya seperti Bandung, Subang dan Bogor.

Namun demikian destinasi wisata alam di Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata.
Indramayu mempunyai obyek wisata situs wisata Situ Bolang, Water Park Bojong Sari. Lalu ada pantai yang menarik seperti, pantai Karang Song , Pantai Tirtamaya dan pantai pantai lainnya yang berada di Kabupaten Indramayu.
Selain wisata pantainya, Indramayu juga mempunyai wisata sejarah, salah satunya adalah situs Batu Pewadonan.

Ketika Team Jaguar69 bersama Postnewstime.com berkunjung ke tempat tersebut, masyarakat setempat membenarkan adanya situs Bayu Pewadonan yang artinya adalah alat kelamin wanita. Situs ini diyakini oleh masyarakat sekitar adalah petilasan pemandian Nyi Ratu Dayang Sumbi.
Sehingga pada waktu-waktu tertentu tempat ini ramai dikunjungi terutama kaum hawa yang ingin berendam di antara bebatuan tersebut.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, jika seorang wanita mandi di tempat tersebut maka pesonanya akan terus terpancar dari dalam dirinya, terutama para gadis yang belum menikah atau yang sedang mencari jodoh atau rejeki.

“Banyak kaum hawa yang berendam di pemandian ini, biasanya selesai mandi pakaian dalamnya dibuang ditempat sekitar pemandian, jadi tak heran banyak pakaian dalam yang terlihat di antara bebatuan dan pepohonan di sekitar pemandian,” ujar salah wisata yang bernama Sri ,

Sri menambahkan, jika ingin berkunjung ke tempat situs wisata ini, berkendara dari Cikawung Cikamurang belok kanan arah ke Subang, lalu di sebelah kiri jalan ada Mushola nama nya Blok Lajem masuk lurus sampai mentok Blok terakhir nama nya Blok Ciwado. Kalau sudah sampai Blok Ciwado pengunjung bisa menitipkan kendaraannya di warung atau RT setempat. Lalu dilanjutkan denga beralan kaki, sampai lokasi naik terus sampai puncak dan lurus ke arah selatan.

Sekali lagi ini hanya mitos yang berkembang ditengah masyarakat atau legenda yang tidak boleh diyakini kebenarannya oleh kita sebagai umat yang beragama dan percaya kepada Allah SWT.(Red/Ratna Lopez)