Dandim 0815 Bekali Wasbang Peserta Diklat Banser Kota Mojokerto

Mojokerto, (METROSOERYA.NET) – Peran Generasi Muda Dalam Membangun Ketahanan Nasional menjadi tajuk utama Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH, saat menjadi pemateri dalam dalam kegiatan Diklatsar Banser di Kantor PCNU Kota Mojokerto, Jalan Raya Suromulang 09 CSE Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (31/08/2018) malam.

Dihadapan 30 peserta Diklat Banser, Dandim 0815 menjelaskan, tentang tujuan nasional Bangsa Indonesia, yaitu melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Dandim juga memaparkan tentang Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara atau yang dikenal juga dengan istilah Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dijelaskannya, Pancasila sebagai Falsafah Hidup bangsa ada dalam rumusan Pembukan UUD 1945 yang digali dari khasanah budaya bangsa serta sebagai Dasar Ideologi Nasional, Pandangan Hidup Bangsa dan Sumber dari segala Sumber Hukum.

“UUD 1945 merupakan Jiwa Kehidupan Bangsa Indonesia dan sebagai Konstitusi Bangsa dan Negara Indonesia. Kemudian NKRI sebagai tanah air, rumah bersama, ruang hidup, dan sumber kehidupan bagi warga negara Indonesia. NKRI ini mampu menyatukan keterpisahan geografi”, paparnya.

“Bhinneka Tunggal Ika sebagai hakekat dan komitmen dari hidup manusia dan ajaran moral hidup bermasyarakat secara harmonis,” jelas Dandim.

Ketika menyinggung peran pemuda, Dandim menjelaskan tentang semangat persatuan yang digelorakan para pemuda Indonesia pada tahun 1928, yang mampu mempersatukan semua pemuda dari Sabang sampai Merauke hingga lahirnya NKRI melalui Proklamasi 17 Agustus 1945.

Di alam kemerdekaan-pun peran pemuda sangat strategis dan dominan, karena pemuda sebagai garda bangsa, generasi penerus bangsa dan kader pemimpin bangsa harus memiliki semangat bela negara dalam mengisi kemerdekaan termasuk menangkal berbagai potensi ancaman demi keutuhan dan kejayaan NKRI, pungkas Dandim.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kapolres Mojokerto Kota diwakili KBO Satbinmas Ipda Hermanto, Kasatkorcab Banser 04 – XII Kota Mojokerto M. Syaria Eka CB beserta pengurus dan anggota Banser. (Yusuf Duta)