Babinsa Ramil 03/PARONGIL “Irup” Upacara Bendera di SMPN I Pardamean Kec. SIinehi Kab. DAIRI

Dairi, (METROSOERYA.NET) – Babinsa Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi Serda Supriyadi menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera di SMP Negeri 1 Pardamean Kecamatan Sinehi kabupaten Dairi. Senin (03/09/2018)

Dalam Amanatnya, Babinsa Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi Serda Supriyadi menyampaikan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Anak-anak juga harus bisa menjaga kebersihan diri, lingkungan sekolah, taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan patuh terhadap nasehat guru dan orang tua serta rajin belajar.

Serda Supriyadi juga menyampaikan bahwa Dengan mengikuti upacara bendera, kita akan dilatih untuk tertib dan disiplin. Karena dalam upacara bendera, setiap peserta upacara wajib mengikuti susunan upacara dengan tertib. Bahkan ada sekolah yang menempatkan siswa-siswinya di posisi yang khusus jika terlambat mengikuti upacara. Jadi sebisa mungkin jangan sampai terlambat ikut upacara ya.

Lebih lanjut Babinsa Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi mengatakan bahwa Pada upacara bendera, biasanya ada jadwal bergantian siswa-siswi yang menjadi petugas upacara. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. Saat menjadi pemimpin upacara, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan inilah, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.”

Usai pelaksanaan upacara bendera, dilanjutkan dengan penyampaian tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika serta tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan. Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang.

Wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai Bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan Poleksosbud dan Hankam.

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara. Di sampaikan juga kepada siswa siswi bahwa apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pardamean Kecamatan Sinehi kabupaten Dairi. menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dari bapak-bapak Babinsa sehingga murid-murid bisa dibekali rasa cinta tanah air sejak dini. “Semoga kegiatan ini selalu ada di semua daerah karena sangat bermanfaat bagi generasi muda yang nanti kan menjadi penerus bangsa ini,” katanya. (Rtyn Prima)