Srikandi Polwan Polres Belu Jadi Pelaksana Upacara di Hari Jadinya ke-70

Belu, (METROSOERYA.NET) – Bertepatan dengan hari ulang tahun Polisi wanita (Polwan) ke 70 yang selalu diperingati setiap tanggal 1 September, Kepolisian Resor Belu pada Senin (3/9/18), menggelar Upacara Bendera yang berlangsung dihalaman apel Polres Belu,

Terkecuali Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, seluruh perangkat upacara dari Perwira Upacara, Penggerek Bendera, pengucap Tri Brata dan Catur Prasetya hingga komandan peleton (Danton), semuanya diambil alih oleh Srikandi Polwan Polres Belu.

Sebagai Perwira Upacara yakni Kasat Binmas Polres Belu IPTU Filomena Bene Bere, SH, penggerek bendera BRIPDA Ance Beis, BRIPDA Sonia Noronha dan BRIPDA Amel, pengucap Tribrata BRIPDA Margaretha Mite, Catur Prasetya BRIPDA Rosmiati Leto, Pembawa acara BRIGPOL Restiani Doko, dan pembawa doa BRIPDA Nurlaila M.S.

Upacara HUT Polwan ini dipimpin oleh Waka Polres Belu Kompol I Ketut Perten dengan Komandan Upacara Kaur Bin Ops Sat Intelkam IPDA Nikodemus N.Saleh.

Saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jendera Polisi Prof. H. MUHAMMAD TITO KARNAVIAN, Ph.D, Waka Polres Belu mengungkapkan bahwa secara universal, kehadiran wanita dalam peran sebagai penegak hukum telah berjalan lama di banyak negara.

Bahkan sejak 1915, telah dibentuk International Association of Women Police (IAWP) sebagai wadah organisasi internasional guna memberikan pengembangan profesionalitas, mentoring, pelatihan, serta pengakuan bagi petugas penegak hukum wanita.

“Untuk Indonesia sendiri, hingga saat ini, Polisi Wanita Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7% dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan dan menempati jabatan-jabatan stategis di kepolisian”kata Waka Polres Belu.

“Selain Waka Polda Kalbar Brigjen. Pol. Dra. Sri Handayani, Polri juga mempercayakan para Polwan untuk menduduki jabatan operasional seperti Kapolres, Waka Polres, Kapolsek, serta Kasat di tingkat Polres”lanjut Waka Polres Belu.

Di usia yang ke-70 ini lanjut Waka Polres, konsistensi dan komitmen Polwan untuk terus berprestasi diharapkan dapat terus meningkat.

Sebagai bagian dari SDM Polri ungkapnya Polwan juga diharapkan bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, termasuk peran sertanya untuk turut mensukseskan pengamanan agenda kamtibmas.

Polwan Promoter Siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019. Itulah tema HUT Polwan yang diangkat tahun ini mengingat keberadaan Polisi Wanita, sangat diperlukan dalam rangka mendukung tugas-tugas Polri di tengah peningkatan eskalasi politik yang terjadi”ungkap Waka Polres.

“Saya meyakini bahwa Polwan Indonesia bisa menjadi bagian penting dalam mewujudkan Polri yang semakin profesional, modern, dan terpercaya. Saudari adalah srikandi-srikandi Bhayangkari terbaik yang akan terus menerus memberikan pelayanan kepada bangsa ini” harap Waka Polres.

Upacara berlangsung lancar, yang dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira staf Polres Belu dan para Kapolsek jajaran dengan Peserta upacara terdiri dari seluruh anggota Polres Belu yang berpangkat Ajun Inspektur, Brigadir serta PNS Polri. (Rtyn Prima)