Ciptakan Kecintaan Terhadap Tanah Air, Babinsa Bekali Wasbang Anggota Pramuka di Alor

Alor, (METROSOERYA.NET) – Untuk membina, memelihara, dan meningkatkan rasa cinta tanah air serta wawasan kebangsaan kepada anggota Pramuka, Babinsa Koramil 1622-01/Kalabahi Serka Dion Wodhi bersama Sertu Natan Laan turut berperan dalam melatih para Pramuka siswa-siswi SMP sekecamatan Teluk Mutiara pada, Rabu (5/9/2018) bertempat di Lapangan Kenarilang, Kel. Kalabahi Barat, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor.

Serka Dion Wodhi disela-sela kegiatannya menjelaskan bahwa materi latihan yang dilatihkan adalah Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan. Kegiatan ini dengan melibatkan seluruh anggota Pramuka yang mengikuti kemah pramuka yakni sebanyak 600 orang.

“Sambutannya sangat baik dilihat dari tingkat kehadiran dan semangat dalam mengikuti materi latihan,” kata Dion.

Selain materi yang diajarkan yakni Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan, ada juga materi yang diajarkan meliputi Krida yaitu Krida Navrat, Pioneer dan Mountinering.

Plh. Komandan Koramil (Danramil) 1622-01/Kalabahi, Kapten Inf Sumardi mengatakan bahwa tujuan dari latihan ini adalah sebagai wadah pembinaan karakter dan jatidiri melalui metode belajar dan bermain. Selain itu untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan bela negara melalui pengetahuan dan pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Latihan PBB dan wawasan kebangsaan yang diberikan oleh Babinsa kepada para Pramuka merupakan bagian dari tugas Babinsa dalam membina kaum muda. Latihan ini agar siswa bisa melaksanakan penghormatan yang baik dan benar juga lebih disiplin serta dan untuk membina watak dan karakter kaum muda.

Kapten Inf Sumardi berharap dengan latihan ini selain para siswa memiliki bekal yang bisa dikembangkan lagi disekolah masing-masing, latihan ini juga dapat menciptakan kecintaan terhadap tanah air, sehingga kedepan para remaja mempunyai jati diri dan karakter yang kuat. (Rtyn Prima)