Jalan Penghubung Antar Desa Terputus, Koramil Kintamani Turun Tangan Bersihkan Longsor

Bangli, (METROSOERYA.NET) – Anggota Koramil 1626-04/Kintamani membantu masyarakat membersihkan material longsor yang terjadi di Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Rabu (5/9/2018)

Menurut Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Inf Wayan Legawa seijin Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andi Pranoto, M.Sc., menyampaikan bahwa kejadian tanah longsor terjadi sekitar pukul 04.00 Wita di tebing perbukitan Gunung Abang tepatnya di perbatasan jalan penghubung antara Desa Abang Batudinding dengan Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

“Penyebab longsor tersebut karena tanah pada areal tebing perbukitan Gunung Abang dalam kondisi cukup labil dan tidak ada pepohonan sebagai penyangga tanah”, papar Danramil.

Akibat dari kejadian tersebut jalan penghubung antara Desa Abang Batudinding menuju Desa Buahan tertutup material longsoran berupa kerikil, pasir dan batang pohon, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk mengatasi agar akses jalan segera kembali normal pihaknya bejerjasama dengan BPBD Bangli, Dinas PU  Bangli  mengerahkan alat berat di lokasi longsor serta masyarakat Desa Buahan bahu membahu membersihkan material longsor dengan menggunakan alat  manual.

Setelah alat berat dari Dinas PU Pemda Bangli datang pembersihan dapat dilaksanakan dengan maksimal. “Kini akses jalan Desa Batu Dinding menuju Desa Buahan sudah kembali normal”, terang Danramil. (Rtyn Prima)