Jokowi : Infrastruktur Itu Fundamental Bukan Hanya Urusan Ekonomi

Surabaya, (METROSOERRYA.NET) – Prioritas pembangunan infrastruktur, khsusnya akses jalan terus dikebut di era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Jokowi menegaskan jika pembangunan infrastruktur itu sangat fundamental karena bukan hanya urusan ekonomi saja.

“Indonesia ini negara besar. Infrastruktur itu fundamental bukan hanya urusan ekonomi. Dengan infrastruktur yang baik maka hubungan konektivitas di negara sebesar ini bisa menjadi lebih baik. Persatuan kita menjadi lebih baik,” jelas Jokowi saat di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Kamis (6/9/2018).

Menurutnya, memang ada ketimpangan besar terkait infrastruktur yang ada di Jawa sangat lebar sekali dibandaingkan dengan Papua. “Di Papua, jalan utama sepanjang 120 KM saja bisa dua sampai empat hari untuk bisa dilewati. Ini ketidakadalian, sehingga pembangunan infrastruktur menjadi sangat penting untuk menyatukan kita,” ungkapnya.

Ia menyontohkan, BBM di Jawa seharga Rp6.450 namun tiga tahun lalu di Wamena harganya Rp60 ribu. “Harga Rp 60 ribu itu kalau cuaca baik. Kalau cuaca tidak baik bisa sampai Rp 100 ribu per liter,” jelasnya.

Namun hanya 1,5 tahun saja, kata dia, pemerataan harga BBM sampai Papua sudah bisa terealisasi. “Modalnya sangat murah. Cuma beli pesawat untuk angkut bahan bakar dan kirim kesana supaya harganya murah dan stok pasokan terus ada setiap harinya,” ujarnya.

Presden juga berpesan pada generasi muda, khususnya para mahasiswa agar dapat terus bersatu. “Negara ini harus bersatu karena punya potensi SDA dan SDM yang luar biasa. Kita berbeda ini karena anugerah Tuhan, anugerah Allah SWT. Beda tradisi, adat, suku, bahasa itu menjadi kekayaan kita yang harus terus dijaga agar tidak mudah tercerai berai,” tukasnya. (Rtyn Prima)