Jelang Panen Pos Ramil Mojoanyar Bersama BPP Lakukan Pengubinan

Mojokerto, (METROSOERYA.NET,) – Sejumlah personel Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pengubinan di lahan milik Suyadi, Poktan Sumber Rejeki–1 Dusun Karangbendo Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (07/09/2018).

Di lahan yang merupakan lokasi Model/Demplot/Pilot Project Tanaman Pangan Kodim 0815 Mojokerto tersebut, pengubinan dilakukan anggota Kodim 0815 dari Pos Ramil Mojoanyar bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dari BPP Mojoanyar

Pengubinan ini merupakan salah satu cara untuk memprediksi potensi hasil panen melalui metode dan teknik tertentu seperti buku panduan BPS untuk mencari random kotak ubinan yang akan dijadikan sample perhitungan dan lain-lain. Biasanya dalam pengubinan ini menggunakan alat bantu berupa empat bilah besi yang disesuaikan dengan luas kotak ubinan, termasuk sabit, sak dan timbangan.

Menurut keterangan Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono, kegiatan pengubinan di lahan seluas 1.150 meter2 yang ditanami jenis padi varietas Inpari 32 dilakukan pada luas ubinan 2,5 x 2,5 meter (6,25 meter), dengan hasil jumlah anakan 24-21-22, jumlah rumpun 131, panjang malai 20-19, jumlah bulir 183-118-182 dan berat ubinan sebanyak 6,28 kilogram.

“Berdasarkan hasil ubinan tersebut, maka perkiraan hasil yang diperoleh dalam satu hektar sekitar 10,5 ton, dikurangi 15 % (dipotong pematang) jadi hasil akhir 8,54 ton per hektar,” terang Pasiter.

Tampak di lokasi kegiatan pengubinan, Koordinator PPL Kecamatan Mojoanyar Supramonorini, SP beserta enam orang PPL dari BPP Kecamatan Mojoanyar, yakni Irianto, SPt, Sodi, SP., Doni Kusmianto, SP., Shinta Nirmalasari, SP, Agus SP dan Rouful, dan empat orang anggota Pos Ramil Mojoanyar, yaitu Sertu Bambang Waluyo, Serda Supardi, Serda Sarbini dan Kopka Raino. (Yusuf Duta/Rtyn Prima)