Kebakaran Hutan dan Lahan, Dandim 0913/PPU Pimpin Apel Siaga Dan Gelar Peralatan PB Karhutla

Penajam, (METROSOERYA.NET) – Dandim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) , Letkol Inf Mahmud S. Ip memimpin apel siaga gelar pasukan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertempat di lapangan Makodim 0913/ PPU jl. Prov. Km 09 Kel. Nipah – Nipah kec. Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim, Jumat (7/9/2018).

Gelar pasukan siaga ini, digelar sebagai langkah antisipasi, karena saat ini sudah memasuki musim kemarau,” katanya.

Apel Siaga dihadiri oleh Kapolres PPU Kombes Sabil Umar, SIK, Waka Polres Kompol Nina, Kabag Ops Res PPU Kompol Iyoman Suteja, Asisten II Pemkab PPU Ir Usman, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPPD PPU Hj. Nur Laila, SH, Para Perwira Kodim 0913/PPU, Para Perwira Polres PPU, Dan Pos Pom Pelda Kasyadi.

Sedangkan pasukan terdiri dari Personel Peleton Kodim 0913/PPU.Peleton kompi C Yonif R 600/MDG, Peleton Polres PPU., Peleton BPBD, Peleton Magala Ani, Satpol PP., Peleton Ormas Pemuda Pancasila serta seluruh Instansi yang terlibat dalam penanganan Satgas PB. Karhutla Kab. PPU.

Apel Siaga dan Gelar Peralatan PB. Karhutla Kodim 0913/PPU merupakan Instruksi dan Perintah dari Komando atas sesuai dengan Program Kerja Satuan.

Tujuan dilaksanakan Apel Siaga dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana (PB). Karhutla guna Mencegah secara dini dan menangani secara dini dengan memberikan penindakan PB. Karhutlah, Sebagai panggilan tugas setiap Instansi yang terlibat sehingga setiap Instansi senantiasa bertanggung jawab akan tugas yang diamanahkan. Pungkasnya Dandim

Bilamana terjadi penonjolan terkait Karhutlah segera ditangani dengan penanganan cepat dan tepat sesuai dengan Standar Operasi Prosedural.

Dandim juga mengatakan, saat ini di status di PPU Melaksanakan Apel siaga dan Gelar Peralatan Karhutla. Hal itu menyusul dengan kemunculan kebakaran lahan. Terutama di wilayah PPU.

“Ini adalah tugas bersama, jangan sampai Karhutla terus menjadi momok bagi kita semua. Itu harus kita antisipasi lebih dini,” ungkapnya .

Kepada Satgas Karhutla agar selalu bekerja dengan baik guna, untuk menjadikan daerah ini bebas dari Karhutla. Patroli di sejumlah titik rawan juga harus dilakukan setiap hari, pesannya. (Rtyn Prima)