Dirgahayu Ke-73 TNI Tahun 2018, “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”

Sorong, (Metrosoerya.net) – Upacara peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018, dengan Irup Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.,  dihadiri oleh Kasarmada III Laksma TNI Dadi Hartanto M. Tr. Hanla., Danlantamal XIV/Sorong Laksma TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. ( Han )., Dir Pol Air Polda Papua Barat, Kombes Pol Roy hutton Marullamratam Sihombing S.Ik (rat )., Para Kasi Korem 171/PVT, Para Asisten Armada III dan L antamal XIV/Sorong, Asisten II Kota Sorong Drs. Anton Sagrim, Kajari Sorong Ahmad Muhdor, S.H, M.H, Kapolres Kota Sorong AKBP. Mariochristy P . S . Siregar, S.IK, MH., Para Dansat dan Kabalak Aju Korem 171/PVT, ketua MUI kota Sorong H.A. Manan Fakaubun.Spdi., Para Veteran wilayah Kota Sorong, Persit jajaran Koorcabrem 171, Jalasenastri armada III dan Lantamal XIV, Bhayangkari Polres kota Sorong, Para tokoh Agama dan tokoh Masyarakat, bertempat di Lapangan Upacara Makorem 171/PVT, Sorong-Papua Barat, Jumat (05/10/2018).

Dalam amanat Panglima TNI yang Dibacakan oleh Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., mengatakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara serentak dari Sabang sampai Merauke secara sederhana namun khidmat. Dengan memanjaatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Maoutong serta yang di Lombok semoga segala bentuk bantuan kita dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemullihan.

Sebagai alat negara tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks yang telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Ketidakpastian akibat krisis ekonomi, politik dan kepemimpinan global masuk ke berbagai dimensi seperti perang ekonomi, perang dagang, hukum, siber, dan opini serta perang mata uang di berbagai negara tetap menimbulkan dampak sangat merugikan bagi kehidupan masyarakat. TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai harus membantu Pemerintah menanggulangi bencana alam di berbagai daerah dan mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum serta pengamanan wilayah dalam even-even strategis nasional dan internasonal.

Mencermati perkembangan masa kini dan memperhatikan tantangan di masa depan maka TNI harus terus menstranformasi diri menjadi kekuatan profesional handal dan kapbel menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan. Dalam tugas selain perang TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu dengan menjaga netralitas TNI dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Salah satu tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI. (Rtyn Prima)