PPLS : Perbaikan Tanggul Penahan Lumpur Titik 67 Kedungbendo Selesai Selama Satu Bulan

Sidoarjo, (Metrosoerya. net) – Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) Sidoarjo mulai memperbaiki tanggul di titik 67 Kedungbendo, Tanggulangin, Sidoarjo. Bahkan pihaknya menargetkan perbaikan tanggul ini akan selesai selama 1 bulan.

Humas PPLS, Hengky Listria Adi dikonfirmasi saat di lokasi tanggul Sidoarjo, Rabu (10/10) mengatakan mendatangkan material pasir dan batu (sirtu), dan alat pengeruk di titik 67. Selain itu, pihaknya juga akan menutup sementara akses di titik 68.  Tanggul juga akan dikuatkan untuk meminimalisir adanya kejadian ambles lagi. “Ya, mudah-mudahan enggak sampai satu bulan bisa selesai,”ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan, akan melakukan pengecekan semua tanggul yang ada di sebelah Utara. Hal itu mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali. Penguatan tanggul tidak hanya dilakukan dari luar saja tetapi juga dari dalam tanggul.

“Pengaliran air yang ada di pond (kolam) ini dengan mengandalkan over flow, kemudian mengarah ke Glagah Arum dilanjutkan ke titik 42 kemudian dipompa ke Kali Porong,” jelas Hengky.

Semenjak terjadinya penurunan tanggul, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi permasalahan tanggul dengan cara menurunkan debit air terlebih dahulu. Elevasi yang sebelumnya mencapai 8-9 meter, menurun menjadi 6 meter.

“Memang, air dan lumpur kemarin sempat tinggi. Makanya kita buang dengan cara overflow dan diteruskan menggunakan pompa paku ke titik 83, lalu menggunakan kapal keruk. Dan selanjutnya dilakukan penanganan tanggul utama,”ujarnya.

Ia juga menambahkan, belum ada air dan lumpur yang meluber ke permukiman warga. Petugas melakukan pengukuran dan mengupayakan untuk perbaikan tanggul. “Sudah saya check ke kepala desa dekat tanggul, Dan sampai hari ini tidak Air lumpur yang keluar sama sekali,”ujarnya..

Seperti diketahui, Tanggul penahan lumpur Sidoarjo yang ambles sepanjang 100 meter dengan kedalaman 5 meter, pada Senin (8/10) kemarin tepatnya di titik 67 tepatnya di Desa Gempol Sari Tanggulangin Sidoarjo. (Rtyn/Rul/Yunus)