Ungkap Kejahatan Carding, Polda Tangkap Dua Pemuda

Surabaya, (Metrosoerya. net) – Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, berhasil mengungkap kasus karding, atau pembajakan kartu kredit untuk digunakan bertransaksi. Dari kasus ini, dua orang ditetapkan sebagai tersangka, masing masing inisial MD, laki laki, warga kelurahan Gading, Tambaksari, Surabaya, dan FP, laki laki, warga Purwodadi, Blimbing, Malang.

Wadir Reskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara menjelaskan, modus yang dilakukan oleh kedua tersangka adalah, membobol kartu kredit orang lain, melalui akun facebook. “Lalu mengambil data kartu kredit, kemudian melaksanakan kegiatan transaksi di dunia maya, dengan kartu kredit orang tersebut, dan kemudian memesan beberapa barang,” terangnya, Kamis (18/10).

Berbagai barang impor dibeli tersangka dari membobol kartu kredit korban, seperti Laptop, Nintendo, handphone, serta berbagai pakaian branded, dan produk fashion lainnya. “Dan seluruhnya adalah elektronik yang diambil,” ungkapnya.

Dalam melancarkan aksinya, tersangka telah melakukan pembobolan kartu kredit ini selama dua tahun terakhir. Dengan wilayah atau lokasi kerja para pelaku dan juga pengiriman barang pesanan adalah Surabaya dan Malang. “Diambilnya barang (dibeli, red) dari Jepang dan Amerika,” tambahnya.

Para korban yang menjadi sasaran kedua pelaku, juga dari Amerika dan Jepang. Pelaku MD, memiliki spesifikasi membobol kartu kredit untuk digunakannya membeli tiket pesawat. Sedangkan FP, dengan spesifikasi membobol untuk membeli barang elektronik. Sampai saat ini belum ada korban yang melapor, dan pengungkapan kasus ini berawal dari patroli tim siber. (Rtyn Prima)