BBKP Surabaya Awasi Karantina Ribuan Sapi Australia Masuk ke Jawa Timur

Surabaya, (Metrosoerya.net) – Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya melakukan pengawasan terhadap 2.621 ekor sapi steer Cross Australian dari Australia yang tengah dilakukan karantina selama 14 hari. Sebelumnya petugas karantina hewan telah memeriksa kesiapan IKH dan melakukan desinfeksi terhadap kandang yang akan digunakan.

Sapi-sapi tersebut sebelumnya masuk ke Jawa Timur pada 10 Oktober 2018 menggunakan kapal KM. Devon Express yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara. Sapi telah melalui tahap pemeriksaan oleh BBKP Surabaya wilayah kerja Tanjung Perak.

Drh. Sumitro, medik veteriner BBKP Surabaya, Senin (22/10/2018) mengatakan, importasi sapi telah memenuhi ketentuan impor hewan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang ditunjukkan dengan terbitnya Persetujuan Impor Hewan dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri sekitar April 2018 sesuai dengan rencana impor bakalan sebanyak 10.000 ekor pada tahun 2018.

Sapi impor dibawa ke kandang (feedlot) pemilik di desa Tongas, Probolinggo. Sapi bakalan tersebut akan digemukkan dalam waktu 3 bulan sebelum nantinya dijual kepada para peternak di daerah Malang dan sekitarnya.

Tindakan karantina hewan dimulai dengan pemeriksaan dokumen di atas kapal bersama stockman dan nahkoda kapal, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik secara umum. Dokumen yang diperiksa antara lain Health Certificate dari negara Australia, Surat Ijin Impor dari Kementerian Perdagangan, Surat Rekomendasi Persetujuan Pemasukan, BL, Invoice dan Packing List. (Rtyn Prima)