Dilanda Kekeringan, BPBD Ngawi Kirim Bantuan Air Bersih Secara Bertahap

Ngawi, (Metrosoerya.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi menyatakan menjelang akhir musim kemarau tahun ini masih ada beberapa desa di sejumlah kecamatan yang dilanda kekeringan. BPBD secara bertahap mengirim bantuan air bersih pada wilayah tersebut.

“Sesuai hasil laporan dan pantauan petugas di lapangan, kekeringan terparah terjadi di daerah perbukitan Ngawi bagian utara, seperti Kecamatan Bringin dan Pitu,” kata Kepala Pelaksana BPBD Ngawi, Eko Heru Tjahjono, Selasa, (23/10/2018).

Ia menjelaskan sejauh ini, pihaknya bekerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Timur telah melakukan pengiriman bantuan air. Namun Eko mengakui jika pengiriman air bersih tersebut belum optimal karena keterbatasan anggaran.

“Saya berharap warga di desa krisis air untuk bersabar menunggu jatah pengiriman bantuan air. BPBD terus berupaya agar desa yang masuk kategori kering kritis mendapat bantuan air,” tandasnya.

Sebagai informasi, total sebanyak 422 desa di sejumlah kabupaten di Jawa Timur yang mengalami kekeringan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 199 desa kekeringan kritis atau tidak ada air, sedangkan sisanya 223 desa kekeringan namun masih berpotensi mendapat air. (Rtyn Prima)