Kendalikan Hama Sundep Babinsa Koramil 0815/05 Gedeg Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi

Mojokerto, (Metrosoerya.net) – Sebagai langkah untuk mengantisipasi serangan hama sundep atau keong mas pada tanaman padi, Babinsa Koramil 0815/05 Gedeg Sertu Slamet Langkung mendampingi petani dalam penyemprotan tanaman padi di Desa yang menjadi wilayah binaanya, Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018).

Seperti kita ketahui saat musim kemarau, tanaman padi sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Salah satu hama yang menyerang tanaman padi yaitu hama sundep atau keong mas. Hal tersebut bila segera tidak diatasi akan sangat merugikan petani hingga bisa berujung dengan gagalnya panen.

Untuk mengatasi itu semua, Sertu Slamet Langkung melakukan pendampingan penyemprotan tanaman padi jenis varietas Ciherang berumur 15 hari, milik Siswantik, salah satu anggota Poktan Dewi Sri, dengan luas lahan dua hektare menggunakan dua unit handsprayer.

Menurut Sertu Slamet Langkung penyemprotan pada tanaman padi menggunakan insektisida Virtaco 300 SC bertujuan untuk mengendalikan berkembangnya hama sundep dan menjaga tanaman agar terhindar dari segala gangguan hama dan penyakit lainnya, sehingga pertumbuhan padi tetap normal yang pada akhirnya dapat memproduksi hasil panen yang maksimal.

Babinsa juga meghimbau agar para petani lebih waspada karena hama akan cepat berkembang pada saat cuaca panas dan kondisi air yang tergenang. “Sebenarnya sundep ini menyerang sejak tanaman masih dipersemaian, namun belum terlihat jelas gejalanya sehingga petani kurang waspada terhadap serangan hama tersebut, untuk itu petani harus lebih jeli lagi dalam mengamati tanaman padinya,”pintanya.

Masih di wilayah Koramil 0815/05 Gedeg, kegiatan pendampingan juga berlangsung di Dusun Padangan Desa Terusan. Babinsa setempat Peltu Wagito mendampingi perawatan dan pembersihan gulma pada tanaman padi varietas Mamberamo berumur 40 hari di lahan seluas 0,6 hektar, milik Sukir, anggota Poktan Sri Tani. (Yusuf Duta)