Babinsa Koramil 16/DMS Bersama Warga “Cek dan Pantau” Saluran Irigasi

Serdang Bedagai, (Metrosoerya.net) – Babinsa Koramil 16/DMS Kodim 0204/Deliserdang Sertu B. Gultom mengecek dan memantau saluran irigasi Desa Dame Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (24/10/2018).

Kerusakan dan penyumbatan aliran irigasi dapat berpengaruh terhadap pengairan bagi areal persawahan yang berakibat pada produksi pertanian, sehingga bila tidak segera diatasi dapat menjadi hambatan bagi terwujudnya swasembada pangan. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan dan pemantauan secara rutin dan kontinyu.

“Pengecekan dan pemantauan ini merupakan salah satu Upaya Khusus (Upsus) oleh Babinsa kepada petani di Desa binaanya, sehingga program Ketahanan Pangan Nasional dapat terwujud dengan sarana pendukung yang baik.

Koptu Sulistiyono mengatakan, “Pemantauan dan pengecekan secara rutin dan terus-menerus dilakukan pada saluran irigasi guna mengetahui secara dini kondisi saluran irigasi, sehingga apabila ditemukan adanya saluran irigasi yang mengalami gangguan dan kerusakan, penanganannya dapat segera ditindaklanjuti dengan berkoordinasi kepada pihak yang terkait untuk menyelesaikanya, tutur Babinsa. (Rtyn Prima)