Bina Marga Jatim Terus Perbaiki dan Koordinasi Selesaikan Jalan Rusak Akibat Pembangunan Jalan Tol

Surabaya, (Metrosoerya.net) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Binamarga (PUBM) Jawa Timur, Gatot Hadi Sulistyo tak menampik dengan masih adanya jalan rusak akibat pembangunan tol tersebut. Pihaknya, saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak pengembang terkait solusi hal itu.

“Kami akan menagih pembangun tol tersebut. Sebenarnya, sudah kami perbaiki berulang kali namun rusak lagi karena memang truknya melebihi batasan muatan,” kata Gatot ditemui di kantornya, Rabu (24/10/2018).

Ia menjelaskan, dari total 16 km jalur Saradan-Kertosono, kerusakan parah ada di sekitar 2 km. “Memang penyebabnya karena melebihi kapasitas,” kata Gatot yang juga mantan kepala Biro Administrasi Pembangunan ini.

Gatot menyebut bahwa proses perbaikan yang menghabiskan anggaran mencapai sebesar Rp30 miliar tersebut akan dikebut pada akhir Oktober mendatang. “Namun kalau tak dipenuhi, kami akan tagih kembali setelah awal November,” katanya.

Jalan tol seksi Nngawi – Wilangan baru diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis, 29 Maret 2018. Jalan tol ini memiliki panjang 51,95 kilometer dan bagian dari ruas Ngawi – Kertosono.

Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta kepada pihak kontraktor proyek Jalan Tol Saradan Madiun – Kertosono, dan pemerintah provinsi agar segera memperbaiki jalan provinsi yang saat ini mengalami kerusakan akibat proyek jalan tol tersebut. (Rtyn Prima)