Jatim Siap Kembangkan Destinasi Wisata Kuliner

Surabaya, (Metrosoerya.net) – Sebagai provinsi yang punya kabupaten/kota terbanyak di Indonesia,  Provinsi Jawa Timur siap mengembangkan destinasi kuliner sehingga bisa bersaing dengan Pelembang dan Jogjakarta.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur, Heru Tjahjono mengatakan, setiap daerah pasti punya makanan khas dan camilan yang bisa dikembangkan sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung. “Kita jangan sampai kalah dengan provinsi lain, harus lebih kreatif memperkenalkan makanan khas seperti pempek Pelembang, dan bakpia Jogjakarta,” kata Heru saat malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 di Surabaya, Selasa (23/10/2018) malam.

Menurut Sekda, destinasi pariwisata dewasa ini memiliki arti strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sebagai industri, sektor ini terbukti mampu tumbuh dan berkembang menjadi andalan dalam menambah devisa negara.

Secara ekonomi, wisatawan mancanegara memiliki peran besar dalam menambah devisa negara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Mereka berkunjung ke Indonesia tidak hanya menikmati keindahan destinasi wisata di negeri ini, tetapi juga membeli produk souvenir, menyewa travel agent, menggunakan jasa perhotelan untuk akomodasi serta yang tidak kalah penting adalah kuliner, dimana semuanya itu disediakan masyarakat.

Meskipun kekayaan wisata alam dan buatan di Jawa Timur diakui wisatawan dalam dan luar negeri, Sekdaprov minta pemerintah daerah tetap memperhatikan tata ruang dalam pengembangan destinasi wisata. “Tata ruang bagus,  jelas akan mempermudah wisatawan datang ke tempat wisata,” katanya.

Agar wisatawan nyaman dan betah, Sekda minta pengelolah objek wisata memperhatikan kebersihan lingkungan serta sara dan prasaranya.  Diharapkan wisatawan turut mendukungnya. “Kebersihan lingkungan menjadi salah satu yang diperhatikan wistawan mancanegara karena itu saya minta pengelola memperhatikannya,” tegas Sekdaprov. (Rtyn Prima)