TMMD Durin Timur, Warga Terima 400 Bibit Kelapa Genjah Entok

Bangkalan-Metrosoerya.net, Satgas TMMD ke-103 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan, hingga memacu perekonomian warga di lokasi TMMD melalui berbagai sektor usaha.

Pola hidup masyarakat yang sebagaian besar berprofesi sebagai petani, seakan menjadi inisiatif Satgas TMMD untuk mendorong inovasi warga, terlebih dalam mengembangkan usaha pertanian milik mereka.

Dalam kesempatan TMMD non fisik saat ini, Satgas TMMD mulai berkoordinasi dengan seluruh pihak, tanpa terkecuali Dinas Pertanian setempat.

Letkol Arm Dodot Sugeng Hariadi mengungkapkan, saat ini, pihak Dinas Pertanian setempat, telah menyalurkan 400 bibit kelapa jenis genjah entok. Pemberian bibit bantuan itu, kata Dansatgas TMMD Bangkalan ini, nantinya akan diperuntukan ke masyarakat.

“Pemberian itu diiringi dengan pembinaan agrobisnis tanaman perkebunan. Sosialisasi diberikan langsung oleh Dinas Pertanian,” ujar Dandim 0829/Bangkalan ini. Rabu, 24 Oktober 2018.

Pemberian bantuan itu, kata Letkol Dodot, diharapkan mampu mendongkrak usaha perkebunan, sekaligus pertanian milik warga desa Durin Timur. “Selanjutnya, ya diolah sendiri oleh warga,” jelasnya.

Sementara itu, Ir. Sumarmi menambahkan, pemberian bibit bantuan itu dinilai sangat tepat. Pasalnya, bibit kelapa jenis genjah itu, dinilai sangat tahan terhadap musim kemarau.

“Ketika musim kemarau, lokasi tanah di desa ini terlihat sangat tandus. Maka dari itu, bibit ini sengaja kita berikan. Sebab, bibit kelapa jenis itu, sangat tahan meskipun musim kemarau tiba,” ujar Kepala Bidang Tanaman dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan ini.(Samsuri)