Dinkes Jatim Dorong UPT Tingkatkan Inovasi Pelayanan

Surabaya,  (Metrosoerya.net) – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) mendorong Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk meningkatkan inovasi pelayanan. Dengan begitu diharapkan lebih banyak lagi UPT yang mendapatkan Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Tahun ini UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat (Latkesmas) Murnajati menerima penghargaan Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018 dalam acara Penganugerahan Otonomi Award dan TOP 25 Kovablik,” katanya, Rabu, (24/10).

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini, bisa mendorong UPT-UPT Dinkes Jatim yang lain meningkatkan pelayanan masing-masing dan bisa mengikuti KOVABLIK di tahun depan. “Saya berharap UPT-UPT yang lain bisa lebih meningkatkan pelayanannya masing-masing dan bisa mengikuti Kovablik tahun depan,” terangnya.

Ia menjelaskan Inovasi yang berhasil membawa UPT Latkesmas Murnajati masuk ke dalam top 25 KOVABLIK Tahun 2018 adalah sebuah terobosan pelayanan yang bernama ETREG (Electronic Training Registration), yaitu Pelayanan Registrasi Peserta Pelatihan melalui aplikasi online.

Kohar menuturkan manfaat utama ETREG adalah memudahkan calon peserta Diklat Kesehatan dalam melakukan pendaftaran kegiatan pelatihan serta mengefektifkan pelayanan administrasi kediklatan dan keuangan dalam melakukan rekapitulasi data administrasi peserta pelatihan.

“ETREG ini sudah dimulai sejak tahun 2015. Aplikasi ini sudah bisa dijangkau secara luas dan online oleh masyarakat, khususnya institusi-institusi, Pemerintah Daerah maupun lembaga-lembaga yang ingin meningkatkan  SDM – nya bisa mendaftarkan secara online melalui ETREG,” tandasnya. (Rtyn/Rul)