Korem 091/ASN Layani Ribuan Masyarakat Pedalaman Kalimantan yang Berobat Gratis

Mahakam Ulu, (Metrosoerya.net) – Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) gelar Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan TNI secara gratis di Pedalaman Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan Kabupaten Termuda sebagai Indonesia

Kegiatan ini dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-73 Tahun 2018 dan bertepatan acara Festival Hudoq Mahakam Ulu 2018, Kamis (25/10/2018).

Dalam sambutannya Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos yang dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy mengatakan “Acara Bhakti Sosial atau Baksos dalam rangka memperingati HUT TNI ini, seyogyanya akan diselenggarakan pada tanggal 18 September 2018, namun karena dinamika yang tinggi dimana Kodam dan Korem bersama berbagai lapisan masyarakat fokus memberikan bantuan kepada korban bencana Lombok dan Palu maka acara ini baru dapat diselenggarakan pada hari ini. Oleh sebab itu, saya mewakili seluruh jajaran TNI yang berada di Kaltim memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa acara Baksos TNI ini merupakan salah satu bentuk hadirnya negara di wilayah perbatasan Kaltim yang dimanifestasikan dengan perhatian dan kepedulian TNI untuk membantu kesulitan masyarakat terutama terhadap masalah kesehatan dan kesejahteraan.

Wilayah perbatasan bernilai strategis bagi TNI yang menjaga kedaulatan NKRI. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempererat semangat kekeluargaan, silaturahmi dan kebersamaan antara TNI dengan segenap masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Mahakam Hulu guna memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa acara Baksos TNI ini dapat terselenggara atas bantuan Pemerintah Daerah dan seluruh stake holder terkait. Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Danrem 091/ASN mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi, mendukung dan berpartisipasi baik secara moril maupun material yaitu Bupati Kab. Mahulu, Bumi Senyiur, Yayasan Budha Tse Chi, Sinarmas Group, Bank BRI, Pertamina, PT KPC, PT TRH, PT Badak, PT Kideco, PT. PKT (Pupuk Kaltim), PT Gunung Bayan, PT Sumalindo. Dandenkesyah Samarinda, Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI, semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, sehingga acara Baksos ini, Insya Allah dapat berjalan dengan aman, lancar dan diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat serta Kepala Adat di 5 Kecamatan Kab. Mahulu, yang secara bersama-sama telah bekerja keras untuk menyelenggarakan agenda rutin tahunan Festival Hudoq Cross Border dan sekaligus memecahkan Rekor Muri Nasional bahkan dunia sejumlah 2.000 penari Hudoq, serta dipadu dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti pentas seni, lomba dayung, dan sejumlah lomba tradisional.

Adapun macam kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pengobatan dan sembako gratis 2.500 orang, donor darah 30 orang, Yan KB Kes 47 orang, sunatan massal 75 orang, gigi 75 orang, pengobatan massal 537, Imunisasi MR 4 dan TT 5.

Untuk bantuan Alsintan dan bibit untuk 26 Pok Tani, bantuan rehab 1 sekolah, meja-kursi guru dan siswa 50 set dan alat olah raga untuk 5 sekolah serta bantuan alat penjernih air bagi 6 kampung.

Sedangkan yang menangani penyakit dalam yakni Dr Baskoro Sold, Dokter Anak Dr Ariawan Sp.A, Dokter Kandungan Dr. Rochib, SpOG dan Dokter umum Dr. Gunawan, Dr. Tyas, Dr. Petruk dan Dr. Teguh. (Rtyn Prrima)