Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Apel Kesiapan Satgasla PPRC

Surabaya,  (Metrosoerya.net) – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq memimpin apel kesiapan Satgasla PPRC TNI. Ribuan prajurit Korps Marinir di bawah Komando Komandan Batalyon Tim Pendarat (BTP) Marinir Letkol Marinir Prasetyo Pinandito yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir turut hadir. Apel yang di Dermaga Koarmada II Ujung, Surabaya, Rabu (24/10) itu dengan Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Andri Kristianto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Ki Hajar Dewantara-364.

Dalam amanatnya, Komandan PPRC TNI mengatakan, spektrum ancaman bagi pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akhir-akhir ini menunjukkan kecenderungan terus meningkat dan berlanjut. “Apapun resiko dan situasinya, bagi TNI harus terus dapat menjaga kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan untuk merespon berbagai skenario ancaman baik yang bersifat nasional, regional maupun global,” tegas Pangdivif 2 Kostrad.

Disampaikan pula bahwa apel kesiapan Satgasla PPRC TNI tersebut merupakan bagian dari upaya kesiapan sebagai satuan yang ditunjuk sebagai bagian dari kekuatan PPRC TNI dalam menghadapi ancaman pertahanan negara selama kurun waktu 2018 sampai dengan 2020. Sebagai prajurit TNI, lanjutnya, tugas merupakan sebuah kehormatan dan prajurit yang tergabung dalam Satgasla PPRC TNI merupakan prajurit pilihan yang mendapat tugas mulia untuk bergabung dalam Satuan Tugas Laut PPRC TNI.

Untuk itu ia mengimbau pada seluruh agar selalu menjaga kesiapan fisik dan mental untuk suatu waktu bergerak sebagai Satuan Tugas Laut PPRC TNI. “Bina dan pelihara kesiapan satuan agar selalu dalam kondisi prima untuk melaksanakan tugas. Kekuatan Satgasla PPRC TNI yang terdiri dari KRI, pesawat udara dan pasukan Marinir serta satuan pasukan khusus. Saya harap cukup untuk dapat menyelesaikan tugas yang dibebankan kepada Satgasla PPRC TNI,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan PPRC TNI menekankan beberapa hal yang terkait dengan kesiapan Satgasla PPRC TNI. Di antaranya ia meminta para prajurit untuk tetap meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada aspek teknis, ia meminta agar pemeliharaan kesiapan kondisi teknis Alutsista dengan penuh kesungguhan, dedikasi dan disiplin tinggi serta penuh rasa tanggung jawab guna memelihara kesiapan operasional satuan. “Cermati perkembangan lingkungan strategis serta kemungkinan kontijensi yang timbul. Jaga nama baik satuan, tingkatkan kedisiplinan yang tinggi selalu waspada dan menjaga keamanan diri serta perlengkapan yang ada,” ujarnya.

Selain itu, prajurit juga diminta siap dalam menghadapi setiap permasalahan secara profesional dan proporsional. “Laksanakan tugas dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI,” tukasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut  Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Edwin Slamet , Para Asisten Pangkoarmada II, Para Asisten Pangdiv 2 Kostrad, Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Edi Prayitno, Komandan Brigif 2 Mar Kolonel Marinir Suliono, Komandan Menart 2 Mar Kolonel Marinir Encep Wahyu Gumelar, Komandan Menkav 2 Mar Kolonel Marinir Arif Handono dan para pejabat TNI AL wilayah Surabaya. (Rtyn Prima)