Renang Militer di Laut Bebas, Minggu Militer Prajurit Korem 023/KS

Sibolga, (Metrosoerya.net) – Kamis (25/10/2018), prajurit Korem 023/KS melaksanakan latihan Renang Militer (Renmil) di laut bebas Pelabuhan Lama Kota Sibolga. Renang militer ini bukanlah sekadar renang biasa, melainkan berenang menggunakan pakaian militer lengkap.

Berenang merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Prajurit, karena dengan kemampuan renang yang baik Prajurit tidak akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas yang berhubungan dengan air. Seperti ada penyebrangan sungai latihan pendaratan laut dan latihan air lainnya.

Sebelum melaksanakan latihan berenang terlebih dahulu harus dimulai dengan latihan-latihan pemanasan, mulai dari gerakan kaki, kepala, lengan, pinggang dan gerakan pernapasan. Kemudian harus melaksanakan tindakan keamanan Pengecekan Personel, Pengecekan Tempat latihan, Siapkan Tenaga/Peralatan P 3 K, Siapkan alat penolong yang dapat digunakan setiap saat,

“Renang militer ini, di samping mendukung tugas pokok prajurit, juga berfungsi untuk lebih meningkatkan kesamaptaan jasmani prajurit dan syarat utama untuk kenaikan pangkat,” ujar Kajasrem 023/KS Kapten Inf H. Sirait.

Kegiatan latihan renang militer ini juga diawasi langsung oleh Kasi ops rem 023/KS Letkol Inf SB Damanik, Kasi perencanaan Letkol Arm Mansyuri , Kasi territorial Mayor KAV Setia Budi, Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata serta Kajasrem 023/KS Kapten Inf H Sirait.

Kasi ops rem 023/KS Letkol Inf SB Damanik menambahkan, latihan renang militer ini dilaksanakan untuk melaksanakan program minggu militer dan memelihara serta mengukur kemampuan para prajurit Makorem 023/KS, dengan latihan yang rutin, bertahap, bertingkat dan berlanjut, diharapkan prajurit Makorem 023/KS selalu terjaga dan meningkat serta mampu melaksankan renang militer sesuai keinginan komando atas. (Rtyn Prima)