Tingkatkan Hasil Produksi, Babinsa Bantu Perawatan Padi

 (Metrosoerya.net) – Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri, dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. “Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari”, kata Babinsa Koramil 12/Gebang Desa Paya Bengkuang Serda Suwanto pada saat mendampingi anggota Kelompok Tani Muda Bahagia Bapak Supardi, Jum’at (26/10/2018).

Adapun tanaman padi tersebut sudah umur padi 18 hari jenis bibit Chiherang dengan luas lahan 16 rante. Tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Serda Suwanto mengungkapkan, rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Adapun tanaman padi tersebut sudah umur 18 hari dengan padi jenis bibit ciherang, tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal, mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma agar tanaman padi tumbuh normal, ungkap Serda Suwanto. (Rtyn Prima)