Pengolahan Menggunakan Traktor adalah Cara Pengolahan Lahan Baru yang Dapat Membantu Petani Lebih Efektif

(Metrosoerya.net) – Babinsa Koramil 10/SK Kodim 0208/Asahan, Sertu J.H.Lubis membantu petani membajak sawah di desa binaannya Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, menggunakan traktor modern pada luas lahan kurang lebih 1 hektare, Selasa (30/10/2018).

Pengolahan menggunakan Traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Pada era dulu petani mengerjakan ini dengan menggunakan hewan seperti sapi/kerbau sebagai penarik bajaknya.

Sertu J.H.Lubis menerangkan, pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat selalu terjamin. (Rtyn Prima)