Terjun ke Sawah, Babinsa Koramil 0815/05 Gedeg Dampingi Petani Tanam Padi Ciherang

Mojokerto, (Metrosoerya.net) – Banyak cara yang dilakukan para Babinsa untuk membantu para petani di wilayah binaan salah satunya melalui kegiatan pendampingan ketahanan pangan. Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini mulai penyiapan dan pengolahan lahan, pemilihan dan penyemaian benih, saat tanam, masa perawatan hingga panen.

Seperti yang dilakukan Babinsa Gembongan Koramil 0815/05 Gedeg Kodim 0815 Mojokerto Serda Subkan yang mendampingi tanam padi di lahan milik Suwono, anggota Poktan Tani Jaya Desa Gembongan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Selasa (30/10/2018).

Serda Subkhan yang terjun langsung di lokasi menuturkan, lahan seluas satu hektar ini ditanami jenis padi varietas Ciherang dengan sistem tanam jajar legowo (Jarwo) yang dilakukan secara manual oleh buruh tani dari desa setempat.

Tanpa rasa canggung Serda Subkhan turut serta menanam padi. “Tanam padi seperti ini bukan sesuatu yang asing baginya, karena sudah terbiasa dan dibesarkan dalam keluarga tani,” ungkapnya.

Masih di wilayah Gedeg, kegiatan pendampingan juga dilakukan Babinsa Ngareskidul Serka Sulton yang mendampingi penyemprotan hama sundep di lahan seluas 0,2 hektar milik Sumin, Poktan Tani Makmur, Dusun Ngareslor Desa Ngareskidul. Penyemprotan tanaman padi varietas Ciherang berumur satu bulan tersebut menggunakan insektisida Virtaco 300 SC.

“Kehadiran para Babinsa dalam pendampingan pertanian merupakan upaya khusus ketahanan pangan demi mempercepat pencapaian swasembada pangan. Dengan para Babinsa akan memiliki manfaat bagi para petani, paling tidak mengajak dan memotivasi para petani untuk senantiasa meningkatkan produksi pertanian,” ungkap Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Mulyono pada kesempatan berbeda. (Yusuf Duta/Rtyn)