Babinsa Cek Irigasi, Pastikan Distribusi Air ke Sawah Lancar

Serdang Bedagai, (Metrosoerya.net) – Pintu air irigasi mempunyai peran yang sangat penting dalam hal pembagian air irigasi ke desa desa. Dengan adanya pintu air, maka pendistribusian/droping air irigasi dapat menuju sasaran yang dijadwalkan pada hari itu, Sabtu (03/11/2018).

Kegiatan pengecekan irigasi merupakan bagian dari tugas pendamping desa dalam pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani dalam melakukan musim tanam tidak terhambat, selain itu juga dalam rangka mendukung Program Pemerintah tentang Ketahanan Pangan agar bisa terlaksana dengan baik.

Terlihat Babinsa Serka Hendi Widodo bersama Petani Desa Mangga Dua Kec. Tanjung Beringin Kab. Serdang Bedagai sedang memperhatikan serta mengecek saluran irigasi masih dipenuhi rumput dan akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke pesawahan warga, disamping itu mengecek akan debit air guna pengairan ke sawah biar cukup sampai padi bisa panen tiba

Dihubungi melalui via telephone “Danramil 11/TB, Mayor Inf D.Silalahi memerintahkan kepada Babinsa yang di wilayahnya supaya ikut mengawal droping air sampai selesai. Dengan pengawalan dari koramil, para petani yang mencuri droping air biasanya mengurungkan niatnya, setelah diberi penjelasan oleh dinas pengairan dan koramil. Hal ini juga untuk meminimalisir kerawanan wilayah yang disebabkan perebutan air irigasi. (Rtyn Prima)