Pangkoops Kodam VI/MULAWARMAN Kunjungi Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 144/JY

Balikpapan,  (Metrosoerya.net) – Pangkoops Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto melaksanakan pengecekan pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan ke wilayah Kalimantan Utara di Pos Kotis Pamtas Yonif 144/Jaya Yudha. Setibanya di Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 144/JY Pangkoops Kodam VI/Mlw menerima Jajar Kehormatan oleh Regu Jaga Pos Kotis Satgas Yonif 144/Jaya Yudha, pelaksanaan kunjungan dilaksanakan pada hari Senin 5 November 2018 di Pos Kotis yang berada di wilayah Kabupaten Mahulu.

Pada kesempatan tersebut dihadapan para prajurit Yonif 144/Jaya Yudha, orang nomor satu di Kodam VI/Mulawarman ini memberikan pengarahan kepada prajurit Satgas Pamtas Yonif 144/Jaya Yudha yang berjumlah 111 prajurit di Halaman Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 144/JY. Dalam arahan tersebut beliau mengingatkan kepada seluruh anggota Satgas Pamtas Yonif 144/JY agar selalu menjaga kondisi kesehatan masing-masing serta memperhatikan faktor keamanan personel maupun material.

Masih dalam arahan beliau, Pangkoops Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto memerintahkan pos-pos yang belum ada personelnya agar dilengkapi secara bertahap setelah pelaksanaan peninjauan oleh Pangkoops untuk mencegah terjadinya pelanggaran lintas batas. Penambahan jumlah pos pos-pos TNI yang ada di wilayah perbatasan memudahkan pemantauan patok-patok yang tersebar di sepanjang perbatasan Indonesia Malaysia.

Hal lain yang ditekankan dalam pelaksanaan tugas adalah selalu memegang adat istiadat setempat serta tidak , mengupload gambar/foto sewaktu berada di pos-pos di medsos yang dapat menyebabkan kerugian bagi TNI dan diri sendiri” jelas Mayjen TNI Subiyanto.

Pangkoops mengapresiasi upaya bela negara masyarakat perbatasan Indonesia melalui pembinaan tentara cilik binaan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 144/JY sebagai bentuk menanamkan jiwa Nasionalisme sejak dini bagi masyarakat perbatasan sebagai garda terdepan upaya bela negara.

Turut mendampingi kunjungan kerja Pangkoops Kodam VI/Mlw (Mayjen TNI Subiyanto) tersebut, Asops Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Rudi Saladin, Aster Kasdam VI/Mulawarman Kolonel Inf Heri Setya Kusdiantara, Waka Zidam Letkol Czi Slamet, Sekda Kabupaten Mahulu Drs. Afun, Kadis Hub Kabupaten Mahulu Toni Imang,.SI

Dalam kunjungan tersebut pangkoops menyempatkan melihat kondisi pos perbatasan melalui jalur udara menggunakan Helicopter Bell 412 yang ditempatkan di Satgas dalam mendukung tugas operasi pengamanan perbatasan di wilayah Kodam VI/ Mulawarman. (Rtyn Prima)