Koramil 0815/01 Pralon Mantapkan Pembinaan Mitra Karib

Mojokerto,  (Metrosoerya. net) – Untuk memantapkan kemitraan dengan mitra karib di wilayah, Koramil 0815/01 Prajurit Kulon Kodim 0815 Mojokerto melangsungkan kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester II TA. 2018 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (22/11/2018).

Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial kali ini bertema “TNI AD Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Siap Menjaga & Mewujudkan Stabilitas Serta Ketahanan Wilayah Guna Mempererat Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Agar Tetap Terjaga Kedaulatan NKRI”.

Kegiatan yang dibuka Danramil 0815/01 Prajurit Kulon Kapten Cpl Sumaryono diikuti sedikitnya 65 orang Mitra Karib yang tersebar di enam Kelurahan wilayah Kecamatan Prajurit Kulon dan dua Kelurahan wilayah Kecamatan Kranggan, terdiri dari Para Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Kelurahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Warga Masyarakat yang berprofesi lainnya.

Dalam pengantarnya, Danramil 0815/01 Prajurit Kulon mengatakan, penyelenggaraan pembinaan peta jarak jaring teritorial ini bertujuan untuk memantapkan pembinaan terhadap mitra karib demi membantu pencapaian tugas TNI AD dalam pembinaan teritorial.

“Pembinaan teritorial, lanjutnya, dilakukan sebagai salah satu upaya dalam membantu pemerintah daerah demi keberhasilan program pembangunan dan terwujudnya kemanunggalan TNI – Rakyat,” ungkapnya.

Dengan digelarnya pembinaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Mitra Karib yang sudah terbentuk sehingga lebih berdaya guna dan terarah dalam melaksanakan kegiatan deteksi dini, cegah dini, lapor cepat dan temu cepat sehingga setiap persoalan yang timbul di wilayah dapat diselesaikan dengan segera dan tuntas dengan melibatkan tiga pilar, yakni Kepala Kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Sementara Camat Prajurit Kulon, Yusuf Setiawan, dalam sambutannya mengajak meningkatkan partisipasi politik dan memupuk semangat kebersamaan dalam mewujudkan situasi yang kondusif menjelang Pileg dan Pilpres 2019, dengan menyelesaikan setiap permasalahan di tingkat RT, RW dan Kelurahan bersama Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Demikian pula dengan Kanit Bimas Polsekta Prajurit Kulon Iptu Heru Yasona yang hadir mewakili Kapolsek, mengingatkan untuk mewaspadai bahaya radikalisme, Narkoba dan obat-obat terlarang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, sebagai upaya pembinaan, pemeliharaan dan pemberdayaan, Danramil 0815/01 memberikan pembekalan materi bagi Mitra Karib, dilanjutkan Bati Tuud Peltu Maumi. (Rtyn Prima/Yusuf Duta)