Mantapkan Ketahanan Pangan, Koramil 0815/16 Pacet Bantu Petani Tanam & Rawat Padi

Mojokerto, (Metrosoerya.net) – Ketersediaan pangan sebagai salah satu faktor ketahanan pangan tentunya memiliki peran sangat penting dan strategis guna mendukung kebutuhan pangan di suatu wilayah. Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan tersebut, TNI dalam hal ini Satkowil berperanserta melalui kegiatan pendampingan terhadap petani dan kelompok tani yang ada di wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto, melalui Babinsa Mojokembang Serma Eko Roso melaksanakan pendampingan penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 0,4 hektar milik Supriyadi, Poktan Sri Rejeki, Dusun/Desa Mojokembang, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (23/11/2018).

Pantauan Serma Eko Roso, penyemprotan tersebut dilakukan menggunakan satu unit handsprayer dan obat pestisida guna mengantisipasi serangan hama wereng di lahan yang ditanami jenis padi varietas Mamberamo.

Masih dalam pekan ini, kegiatan pendampingan terhadap petani juga dilakukan Babinsa Wiyu Koramil 0815/16 Pacet Serda Agung Setya Budi, dalam bentuk membantu tanam padi di lahan seluas satu hektar milik Sudarto, Poktan Harapan Makmur – I, Dusun Briti Desa Wiyu, yang ditanami jenis padi varietas Mamberamo.

Di sela-sela kegiatan, Serda Agung Setya Budi, mengungkapkan, selain melaksanakan pendampingan, dirinya terjun langsung membantu tanam padi dengan tujuan memberikan semangat pada petani agar lebih termotivasi dalam bercocok tanam.

Sementara, pada kesempatan berbeda Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna memaksimalkan target pencapaian swasembada pangan di wilayah. (Yusuf Duta/Rtyn)