Peduli Generasi Bangsa, Koramil 11/Kota Pinang Ajarkan Wasbang dan PBB kepada Pelajar SMK Swasta Ki Hajar Dewantara

 Labuhan Batu, (Metrosoerya.net) – Danramil 11/Kota Pinang Mayor Czi Baginda Siregar mengungkapkan, ada 4 pilar NKRI yang sangat penting untuk dipahami oleh para siswa-siswi yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Jika para siswa-siswi sudah memiliki rasa kebangsaan maka kita akan menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan semangat kebersamaan, merasa senasib dan sepenanggungan untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta.

Sambung beliau, Dengan itu Danramil perintahkan langsung sesuai petunjuk dari komando atas, memerintahkan Babinsa Koramil 11/Kota Pinang Jajaran Kodim 0209/Labuhan Batu Serma Sumariono untuk melaksanakan kegiatan mengajarkan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan melatih materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SMK Swasta Ki Hajar Dewantara Kota Pinang yang terletak di Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu, Selasa (27/11/2018).

Disamping itu Serma Sumariono sebelum memberikan materi Peraturan Baris Berbaris juga memberikan materi wawasan kebangsaan dimana Serma Sumariono menjelaskan tentang kondisi Bangsa Indonesia yang saat ini sangat krisis tentang wawasan kebangsaan khususnya bagi para generasi muda penerus bangsa. Pemahaman dan aplikasi wawasan kebangsaan saat ini tidaklah seperti yang dulu-dulu dimana para pendahulu kita memiliki pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang sangat tinggi, namun di jaman sekarang ini pemahaman tersebut sudah mulai luntur.

Kepala Sekolah SMK Swasta Ki Hajar Dewantara sangat berterimakasih kepada Danramil 11/Kota Pinang dan Babinsanya yang dengan rutin meluangkan waktu untuk memberikan kegiatan ekstrakurikuler kepada para siswanya. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan mengikutkan muridnya dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah untuk menambah wawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para muridnya tersebut. Setiap kegiatan yang diberikan oleh Babinsa di sekolah tersebut sangat mendapat respon positif dari kalangan siswa-siswi. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari siswa-siswi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab.

“Kita harus memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan khususnya terhadap generasi-generasi muda penerus bangsa sehingga kedepan mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. (Rtyn Prima)