DPRD Dukung Penggunaan Alat Speed Gun Di Jalan Tol Surabaya – Mojokerto

Surabaya, (Metrosoerya.net) – Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim mendukung dengan penggunaan Speed Gun atau pemantau kecepatan di Jalan tol Surabaya – Mojokerto dan Tol Gempol – Pandaan. Penggunaan alat tersebut diharapkan menekan angka kecelakaan di jalan tol.

Anggota Komisi D DPRD Jatim, M Samwil ditemui di DPRD Jatim, Jumat (23/11/18) mengatakan, penggunaan alat pemantauan kecepatan tersebut harus segera disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Di samping itu, Dishub dan polisi harus bekerja sama memberikan rambu rambu di jalan tol. “Kami harap, pihak Jalan Tol bekerjasama dengan Polisi, dan Dishub membuat spanduk himbauan sebelum di pintu masuk tol, sehingga masyarakat atau pengguna jalan tol tahu tentang penggunaan speed Gun,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan alat tersebut saat ini perlu dilakukan. Karena di jalan Tol Surabaya – Mojokerto ini jalurnya panjang dan lurus, sehingga banyak terjadi kecelakaan karena Sopir ngantuk. Maka itu pihaknya juga meminta kepada pihak Tol untuk memperbanyak tempat rest area agar bisa digunakan istirahat para pengendara. “Oleh karena itu, pihaknya juga mengimbau kepada para pengguna jalan Tol Surabaya – Mojokerto untuk tetap berhati – hati dan kecepatannya diharapkan tetap stabil dibawah 100 km/jam,” ujar Samwil.

Seperti diketahui, Sejumlah gabungan Ditlantas Polda Jatim dan Polres Jombang ini melakukan pengukuran kecepatan di jalur tol Jombang – Mojokerto di kilometer 693 salah satu titik jalur tol. Dengan menggunakan speed gun, polisi mengukur seluruh kendaraan yang melaju ke arah Bandar Kedungmulyo.

Kendaraan yang terfoto dengan kecepatan di atas 100 kilomter per jam langsung dihentikan di pintu keluar jalur tol Bandar Kedungmulyo. Petugas langsung memberikan surat tilang karena ukuran maksimal laju kendaraan antara 60 – 100 kilometer. Hasilnya, sejumlah kendaraan mendapatkan surat tilang karena melaju melebihi batas maksimal.

AKBP Budi Hendrawan, Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda Jatim mengatakan, penggunaan speed gun di jalur tol ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan kendaraan yang melintas. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan. (Rtyn Prima)