Warga Serahkan 22 Butir Munisi Tajam kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN

(Metrosoerya.net) – Sebanyak 22 butir Amunisi tajam kaliber diserahkan oleh salah seorang warga di Desa Naikake, kepada anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Batalyon Yonif Mekanis 741/GN.

Penyerahan Amunisi tajam kaliber yang dilakukan secara suka rela oleh warga yang tidak mau disebutkan identitasnya itu terjadi di Desa Naikake, Kecamatan Amfoang Barat, Kabupaten Kupang.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Batalyon Yonif Mekanis 741/GN, Mayor Inf. Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol, Sabtu (1/12/2018).

Dirinya mengatakan, munisi sebanyak itu terdiri dari 18 Butir Kaliber 5,56 mm dan 4 Butir Kaliber 7,62 mm yang diserahkan secara suka rela oleh warga di wilayah Pos Naekake, Kecamatan Amfoang Barat.

Kejadian bermula ketika pada, Jumat (30/11/2018) pukul 8:30 Wita, tiga anggotanya melakukan anjangsana ke rumah salah seorang di desa tersebut.

Pada kesempatan yang sama tiga orang anggotanya juga melakukan anjangsaja ke rumah warga lainnya di desa itu sampai pada 10:50 Wuta, dan berencan ingin kembali ke Pos Naikake untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.

“Karenakan situasi pada saat itu hujan maka tiga anggota saya berteduh di rumah salah seorang warga sekitar Pos Naekake. Saat berteduh, pemiliki rumah itu keluar rumah untuk menawarkan minuman hangat kepada anggota saya,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, sebut Hendra, ketiga anggotannya mulai berkomunikasi dengan pemilik rumah. Pemilik rumah membahas mengenai kerugian yang dialaminya akibat curah hujan di wilayah Pos Naekake.

“Pada saat melakukan komunikasi terucap secara tidak sengaja bahwa warga pemilik rumah mempunyai beberapa munisi pemberian almarhum teman sekolahnya,” ungkapnya.

Mengetahui hal tersebut, kata Hendra, tiga anggotanya langsung memberikan pemahaman mengenai bahaya dan kerugian yang ditimbulkan akibat menyimpan munisi karena terdapat aturan yang ditetapkan pemerintah mengenai munisi tajam.

“Selanjutnya warga itu lalu menyerahkan munisi tajam sejumlah 18 Butir Kaliber 5,56 mm dan 4 Butir Kaliber 7,62 mm kepada anggota saya,” ungkapnya.

Dirinya langsung memerintahkan anggotanya untuk mengamankan barang bukti munisi tajam tersebut di Pos Naekake dan menyerahkan ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat.

“Saya juga memerintahkan kepada satuan ditingkat bawah agar lebih intens melaksanakan kegiatan anjangsana di wilayah binaan,” ujarnya. (Rtyn Prima)