Dandim 0207/Simalungun Hadiri Panen Padi Perdana Poktan Sejahtera III

(Metrosoerya.net) – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Robinson Tallupadang, S.I.P, MH yang diwakilkan oleh Danramil 08/Bangun melakukan panen padi Perdana milik Kelompok Tani (Koptan) Sejahtera lll di Nagori Laras Dua Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Jumat (07/12/2018).

Panen perdana ini ditandai dengan pemotongan secara tradisional dengan memakai arit atau sabit oleh Danramil 08/Bangun bersama petani se­tempat. Menurut Dandim yang diwakilkan Danramil, panen bersama petani ini untuk mem­berikan se­mangat kepada para petani yang sedang memetik hasil dari la­han kurang lebih seluas 30 hektare dari satu kelompok tani.

Dikatakan, dalam rangka ketahanan pangan TNI membe­ri­kan motivasi agar nasyarakat petani lebih giat dan yakin dalam mengelola pertanian untuk mense­jah­terakan mereka. “Peran kami adalah memotivasi masyarakat dengan meya­kin­kan mereka untuk lebih giat menggarap lahan pertanian padi dari pada sawit, sehingga kita terus ber­koordinasi dengan dinas terkait untuk kemajuan pertanian,” ujar Danramil.

Ketua Kelompok Tani Sejahtera lll, meng­akui bahwa semangat para petani dalam menggarap lahan ma­sih kurang, sehingga hasil panen yang dihasilkan belum maksi­mal. Tetapi sudah memadai dengan adanya do­rongan dari pe­nyu­luh dan Babinsa yang membetikan semangat kepada petani.

Turut hadir dalam kegiatan panen padi perdana tersebut antara lain, Kadis pertanian diwakili kabid produksi ibu Yuli saragih, Dandim 0207/Simalungun diwakili Danramil 08/Bangun, Kabulog, BNI, Jasindo, Uptd pertanian dan poktan. (Rtyn Prima)