Penyiapan Bibit Padi, Bentuk Kepedulian Babinsa kepada Petani

(Metrosoerya.net), Batu Bara – Kehadiran Babinsa Koramil 04/TL Sertu Syahbudin Kodim 0208/Asahan melakukan pendampingan petani untuk penyiapan bibit padi atau penyamaian yang siap ditanam di lahan sawah milik Bpk Iswandi dengan luas lahan 12 rante di Dusun 4 Desa Sungai Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara sangat membantu dalam proses Upsus Pertanian , Minggu (09/12/2018).

Sertu Syahbudin mengungkapkan Pencabutan benih padi dengan jenis Ciherang dilaksanakan setelah cukup umur, sehingga nanti saat tanam dapat berkembang dengan baik. “Selanjutnya saya menghimbau para petani menggunakan bibit, pupuk, dan obat yang sudah dianjurkan oleh Dinas Pertanian, sehingga produksi padi akan maksimal,” ungkapnya.

Adapun jenis padi yang ditanam adalah padi unggul sesuai arahan dan petunjuk Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara agar hasil panennya melimpah. Selain menanam padi, lanjut Edison, Babinsa juga membantu dalam menyiapkan lahan, menyiapkan bibit, monitoring kesuburan tanamana, memupuk tanaman hingga panen padi.

Terpisah, Komandan Kodim 0208/Asahan Letkol Arm Suhono mengucapkan terima kasih kepada unsur terkait dan para Babinsa yang aktif turun ke sawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani. “Turunnya Babinsa di sawah, merupakan pelaksanaan pendampingan dan membantu petani dalam bercocok tanam.

 Diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani dalam mengolah lahannya, sehingga program swasembada pangan dapat terwujud,” ungkap Suhono. “Untuk mengoptimalkan produktifitas panen padi, saya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan. Sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” pungkas orang nomer satu di Kodim Asahan ini.

Babinsa turun ke sawah dan membantu petani dalam penyiapan lahan sampai pencabutan benih padi dan penanaman padi akan mempercepat penanaman padi untuk mendukung program swasembada pangan pemerintah. (Rtyn Prima)