Dirkrimsus Polda Jatim Bongkar Penipuan di Surabaya.

SURABAYA-Metrosoerya.net, Subdit IV Siber Direktorat krimilal khusus ( Dirkrimsus) Polda Jatim menangkap seorang pelaku penipuan bemodus lowongan kerja dengan menggunakan logo United State Consulat General di Surabaya.

Tersangka bernama Joko Susilo (37) warga Surabaya. Joko Susilo yang merupakan mantan karyawan United State General bagian Where house ditangkap pada tanggal 14/11/2018 lalu.

Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara didampingi Kasubid Penmas Polda Jatim AKBP Daniel Tulak menjelaskan, tersangka dalam melakukan penipuan dengan menggunakan lambang United State Consulate General di Surabaya melalui akun Whatshat dengan memanfaatkan foto seorang berisial BN yang merupakan mantan HRD dikantor United State Consulate General.

Kemudian pelaku menawarkan kepada korbannya seolah olah ada lowongan pekerjaan dengan gaji Rp 6 juta perbulan. Setelah itu tersangka meminta korban untuk melengkapi persyaratan foto copy dan dokumen asli sertifikat welding, dua lembar foto ukuran 3×4 serta uang administrasi sebesar Rp 2 juta dengan dalih untuk keperluan sepatu,seragam dan lain lain kata mantan Kapolres Probolinggo ini Senin 10/12/2018.

Bila mana korban bersedia memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, maka tersangka mengarahkan korban untuk melakukan transfer biaya administrasi sebesar USD 188 atau Rp 2 juta melalui rekening Kios Pulsa yang merupakan agen pulsa online.

Setelah korban mentransfer uang administrasi melalui nomor rekening miliknya.Pelaku yang pernah mendekam dipenjara selama 5 tahun dalam kasus narkotika ini, kemudian mencari jasa Convert pulsa dimedia sosial Facebook untuk dijual kembali. Berdasarkan dari pengakuannya, tersangka bergabung di kios Pulsa online sejak tahun 2018. Sebanyak 6 orang telah menjadi korban penipuan dengan mentransfer melalui rekening milik tersangka rata rata sebesar Rp 2 juta.

Dari tangan pelaku Polisi menyita barang bukti 1 buah handphond merk Samsung warna putih, 1 buah handphond merk Strawbery model ST22 warna hitam,1 lembar kartu debit paspor BCA warna biru.

Akibat dari perbuatannya, pelaku mendekam dibalaik jeruji besi tahanan Polda Jatim dan terancam pasal 35 jo pasal 51 ayat (1) undang undang RI no 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang undang no 11 tahun 2008 dan pasal 378 informasi transaksi elektronik dan pasal 378 KUHP. ( ipul )