Pemkab Mojokerto Raup Skor 3,3637 dengan Status Kinerja “Sangat Tinggi”

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan langsung piagam penghargaan pada Pemerintah Kabupaten Mojokerto atas Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan skor 3,3637 (status kinerja Sangat Tinggi) berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2018. Penghargaan diterimakan pada Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo, Jumat (16/10) siang di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Penilaian LPPD sendiri diberikan berdasar pada beberapa indikator. Contohnya kelengkapan laporan, urusan desentralisasi, tugas pembantuan, tugas umum pemerintahan, penerapan dan pencapaian SPM, serta akuntabilitas kinerja.

Pada sambutan arahan, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sinergi yang terjalin pada semua kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sebab, karena sinergi itu pula, Provinsi Jawa Timur juga berhasil menyabet predikat sebagai provinsi dengan indeks kinerja tertinggi se-Indonesia.

“Jatim ini diukur dari proses keberseiringan visi misi, baik RKP, RKPD Provinsi, Kab/Kota, setelah dihitung, diukur, dinilai dan dievaluasi, ternyata ada konsistensi antara visi misi nasional dengan provinsi, maupun Kab/Kota se-Jatim. Dengan demikian, hasil LPPD 2018 melalui EKKPD 2019 yang diserahkan pada EPPD 2020 tanggal 7 Oktober kemarin, telah diputuskan bahwa Jawa Timur memiliki indeks tertinggi diantara provinsi lain,” terang Gubernur Khofifah.

Dalam acara yang dihadiri seluruh Kepala Daerah se-Jawa Timur, Khofifah juga mengaku bangga dengan seluruh Pemerintah Daerah di Jawa Timur, yang berhasil menyinergikan program kerja sehingga pada LPPD kali ini semua dapat meraih predikat kinerja Sangat Tinggi.

“Indeks ini karena komitmen kita bersama untuk berjalan sinergis. Nah, semua daerah hari ini kategorinya Sangat Tinggi. Ini sangat bagus dan harus terus dipertahankan,” tandas Khofifah yang hadir didampingi Sekdaprov, Kabiro Pemerintahan, BPKAD serta BKD Jawa Timur.

Untuk Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo mendorong seluruh perangkat daerah untuk terus bekerja sesuai dengan instruksi pusat demi sinergitas bersama.

“Kita ingin prestasi seperti ini terus dipertahankan dan makin meningkat tentunya. OPD harus terus berbenah, jalankan semua aturan pusat maupun provinsi dengan baik. Kita tidak boleh cepat puas dengan capaian sekarang, tahun depan harus lebih baik lagi,” kata Pjs Bupati Mojokerto. (Yosan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *