Gelar Festival Budaya Ethnic 2019 Kota Sampit

Media Metrodoerya.net – Sampit Kalteng.  Taman Kota Sampit Kalimantan Tengah Pemerintah Kotim menggelar event pariwisata “Sampit Ethnic Carnival dengan mengusung tema budaya dayak pedalaman ( Inland Culture of Dayak ) yang mana event tahunan ini merupakan kegiatan untuk melestarikan dan mengembangkan program sektor kebudayaan dan pariwisata kabupaten Kotim yang dilaksanakan hari ini minggu (15/12-2019)

Tema yang diangkat tahun ini adalah inland culture of Dayak atau budaya pedalaman suku dayak dengan menetapkan tiga sub kategori pilihan yaitu tumbuhan dan hewan (jungle fest), tradisi budaya ( cultural tradition) dan keaslian rumah betang ( autentic betang house ).

Lomba dibagi untuk 2 kelompok yaitu pelajar dan mahasiswa serta kelompok umum /SOPD. Adapun kategori yang di perlombakan yaitu kostum karnaval meliputi busana pengantin pedalaman,body painting motif pedalaman, tari daerah dan lomba fotografi.

Kegiatan ini bertujuan menjaga dan melestarikan budaya dikalangan generasi penerus bangsa yang mana menampilkan etnik kotim yang bertujuan mendatangkan wisatawan Nusantara bahkan mancanegara. Event ini menampilkan keanekaragaman berupa pawai/arak-arakan.

Pembukaan event Sampit Ethnic Carnival ini di hadiri oleh Bupati kotim,Ketua DPRD dan anggota DPRD kotim (Modika), Setda,Kepala SOPD,Kepala instansi vertikal dan perbankan,tokoh adat,tokoh masyarakat serta tokoh agama. Dalam sambutannya Bapak Supian Hadi selaku Bupati Kotim menerangkan bahwa budaya dayak sangat menarik untuk di jadikan sebagai sebuah aset wisata diliat dari daerah pesisir kita dari selatan sampai utara untuk menarik wisatawan mancanegara sebagai tujuan kota wisata khususnya di indonesia dan terkhususnya lagi di kalimantan tengah. Apalagi di kabupaten Kotim ini banyak terdapat nuansa alam yang indah disamping budaya nya bisa di manfaatkan sebagai aset atau sumber wisata khususnya untuk menjadi daya tarik mendatangkan wisatawan yang datang ke Kotim serta mempunyai manfaat menciptakan lapangan pekerjaan. Acara sampit ethnic ini bisa terlaksana merupakan bagian dari perhatian pemerintah daerah untuk memberikan tempat bagi para pelaku seni dan budaya,kata beliau (Shd, red ).
Metro Soerya Sampit Kalteng Tim liputan (Iin)