200 Warga Korban Banjir Bandang Di Bondowoso Dievakuasi Oleh Polisi

Metrosoerya.net – Bondowoso. Banjir bandang  Lumpur yang terjadi di Bondowoso,  sekitar pukul 13.00 WIB.  Kecamatan Ijen, Desa Sempol. Peristiwa ini mengakibatkan sekitar 200 Kepala Keluarga (KK) terdampak yang mengungsi di rumah tetanga atau saudara. Dan tinggi muka air bercampur lumpur  sekitar 60 sentimeter.(Rabu,29/01/2020).

Saksi mata mengatakan, kronologis akibat hujan yang terjadi di wilayah Hulu, adalah pegunungan Ijen. Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun 2019, membuat hutan di pegunungan Ijen menjadi gundul.

Hutan yang gundul di wilayah pegunungan ijen menjadi faktor terjadinya banjir bandang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Sedang upaya yang dilakukan oleh TRC BPBD Kabupaten Bondowoso melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instnasi terkait, demikian diinformasikan  Kukuh Kalak BPBD Kabupaten Bondowoso.

Sementara Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, langkah langkah yang dilakukan Polres Bondowoso melakukan perbantuan dan evakuasi korban bencana, membuatkan posko bencana.

Selain itu, berkoordinasi dengan stakeholder  diantaranya BPBD Bondowoso, Kodim/TNI dan Dinas Kesehatan. Mendatakan korban dan area wilayah yang terdampak bencana

Polda Jatim Back Up Dit Sabhara dan Brimob (kemampuan SAR dan perlengkapannya) serta dikirimkan TIM Kesehatan Lapangan Bidang Dokkes Polda Jatim. (Hermanto)