Ming. Mar 29th, 2020

metrosoerya.net

berani tegas dan tajam

Sungai Kali Lo Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Metrosoerya.net -:Banyuwangi – Sebanyak 60 rumah warga terdampak akibat luapan Sungai/Kali Lo yang berada di pusat kota Banyuwangi. Meluapnya Kali Lo ini karena banjir yang diakibatkan hujan deras selama kurang lebih 5 jam lamanya, Senin (9/3/20).

Sumber Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyebutkan, pada pukul 11.30 WIB, mulai hujan turun dengan intensitas tinggi di seluruh kawasan Kabupaten Banyuwangi. Sementara di Banyuwangi Kota, terutama di bagian hulu Kali Lo.

“Pada pukul 13.30 WIB, debit air sungai Kali Lo meningkat dengan ketinggian maksimum plesengan. Lalu meningkat dan airnya yang meluap memasuki permukiman warga,” terang Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Banyuwangi, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Eka Muharram.

Kondisi meluapnya air Kali Lo itu sendiri terjadi pada pukul 14.00 WIB. Sedangkan lokasi kejadiannya antara lain di Jalan Gajah Mada Kelurahan Mojopanggung Kecamatan Giri dan Linkungan Krajan Utara RT 01, 02, dan RT 04 Kelurahan Tukangkayu Kecamatan Banyuwangi.

“Selain itu, juga di Linkungan Kampung Ujung RT 02 RT 03, RT 04 masuk RW 03 Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi,” tutur Eka Muharram.

“Alhamdulillah, korban jiwa nihil. Namun permukiman warga yang terdampak total dari 3 lokasi tersebut sebanyak 60 rumah. Karena ketinggian air mencapai hingga 1,5 meter,” tambah Eka.

Sebagai langkah pengkondisian, upaya BPBD diantaranya melakukan Assesment dan penanganan darurat.
Selain itu juga melakukan himbauan kepada warga terdampak melalui Ketua RT setempat agar mematikan aliran listrik mengingat pada saat kejadian aliran listrik masih hidup.

“Kami juga memberikan pemahaman dan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat terdampak. Ketika terjadi peristiwa seperti ini kita mengarahkan apa yang harus dilakukan dan tindakan apa yang dilakukan nantinya untuk membantu dan mengatasi kejadian itu sendiri,” papar Eka.

Atas terjadinya bencana banjir sekaligus penanganannya, Kabid Kedaruratan dan Logistik Eka Muharram pun melaporkan dan mengkoordinsikan dengan pimpinan maupun dinas terkait untuk penanganan selanjutnya.

“Dalam penanganan ini, kami melibatkan seluruh Tim Reaksi Cepat (TRC) PB BPBD Kabupaten Banyuwangi. Bahkan juga melibatkan unsur Forpimda, Forpimka, BPBD Banyuwangi, TNI, Polri, Relawan PB dan warga sekitar,” tutup Eka. (Aji)

8 Kali Dibaca