Pasien Covid-19 Di Desa Kanegarah Penuh Dengan Simpang Siur Informasi Dan Kontroversi

Metrosoerya.net – Bangkalan, Rabu, 03 Juni 2020. Simpang siurnya dan kontroversi tentang informasi pasien covid-19 yang ada di desa Kanegarah yang berinisial Ny.A umur 49 tahun. Warga tersebut tinggal di Surabaya dan ber KTP di Jln.Nur Alam Dsn.Jelgung Desa Kanegarah Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan.

Menindak lanjuti Laporan pasien komfirmasi dari RSUD Bangkalan dengan rincian pemeriksaan : Rapid tgl 19/05/2020 Reaktif (positif), kemudian diambil sampel swap awal tgl 20/05/2020 dengan hasil swap PCR (positif)- hasil keluar tgl 02/06/2020 dan diambil lagi sampel swab evaluasi tgl 26/05/2020 tapi hasil blm keluar.
(sumber data RSUD)

Abdul Hamid, Kepala Puskesmas Konang menjelaskan melalui keterangan tertulis.” Kami sebelumnya melakukan penyelidikan Epidiomologi, merencanakan rapied test kepada keluarga sebagai tindak antisipasi penularan dan melakukan isolasi mandiri berbasis masyarakat kepada pihak keluarga.

Hamid, sapaan akrabnya menambahkan.” Untuk pasien covid-19 tinggal di Surabaya dan pulang ke Kanegarah untuk silaturahmi pada tanggal 15-16 Mei 2020 menurut pihak keluarga. Pada hari selasa 2 Juni 2020 pasien masih di rawat di RSUD syamrabu Bangkalan.

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalam H. Sudiyo S,kep Ns MM menyampaikan. Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam memutuskan terkait zona merah. Sebab menurutnya berdasarkan edaran dari Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur berdasarkan domisili tempat tinggal selama enam bulan terakhir.

Apabila yang bersangkutan selama 6 bulan terakhir tinggal di Surabaya, maka yang bersangkutan menjadi tanggung jawab provinsi sesuai Surat Edaran (SE) provinsi. Pungkasnya.

M.Makmur, selaku Kepala Desa Kanegarah.”
Pasien Positiv Covid-19 itu tinggal di Surabaya, dia tinggal di Alamat Pandigiling tepatnya berada didepan Hotel Santika Surabaya dan ber KTP Warga Kanegarah

Dirinya juga menyampaikan bahwa hingga saat ini penduduk yang menetap di Desa Kanegarah dalam kondisi sehat dan tidak ada warganya yang dinyatakan terpapar atau positif covid-19. Ujarnya.(Arif)