Stok Darah Di PMI Menipis Akibat Pandemi Covid-19, Koarmada II Gelar Donor Darah

Metrosoerya.net – TNI AL, Koarmada II, Surabaya 10 Juni 2020. Pandemi Corona atau Covid-19, ikut berimbas pada menipisnya stok darah yang dimiliki setiap Palang Merah Indonesia atau PMI di sejumlah daerah termasuk Surabaya. Hal tersebut disebabkan banyak masyarakat yang takut untuk melakukan donor darah di tengah pandemi Covid-19.

Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, Koarmada II menggelar aksi sosial donor darah yang dilangsungkan di Gedung Panti Tjahaya Armada , Rabu (10/06). Menurut Kadiskes Koarmada II selaku Ketua Panitia Pelaksana, Kolonel Laut (K) dr. I.K.Tirka Nandaka , aksi ini adalah wujud konsistensi  Koarmada II dalam membantu pemerintah menanggulangi dampak pandemi Covid-19 terhadap kehidupan masyarakat.

“Karenanya kegiatan ini mengusung tema Peduli Sesama Di Tengah Krisis Darah Akibat Pandemi Covid-19,” ujar Dokter Tirka di tengah acara.

Ia juga menambahkan, untuk kegiatan donor darah kali ini pihaknya menjalin kerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Surabaya, dan PMI Kabupaten Sidoarjo“ Dengan dukungan 30 orang tenaga medis dari PMI, kita berhasil mengumpulkan sebanyak 288 kantong darah yang disumbangkan oleh para prajurit dan PNS Koarmada II ,” terang Dokter Tirka.

Sementara itu di tengah pelaksanaan donor darah, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto meninjau langsung kegiatan bersama Kepala Staf Laksma TNI Teguh Isgunanto, dan juga Komandan Lantamal V serta Danguspurla Koarmada II.

Mengingat kegiatan dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19, Laksda Heru menekankan kepada panitia agar menerapkan aturan  protokol kesehatan bagi seluruh peserta donor darah. “ Selain menjadi cara ampuh dalam mencegah meluasnya penularan Covid-19, membiasakan penerapan protokol kesehatan juga menjadi cara mensosialisasikan kehidupan normal baru (New Normal) bagi prajurit dan PNS di lingkungan Koarmada II,” tandas Heru. (Sgt/Pen2/Yono)