MOI bersama Solopos Institute Sepakat Akan Lakukan Workshop Try Out UKW Virtual

Metrosoerya.net – Solo – Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Media Online Indonesia (DPP MOI) bersama Solopos Institute sepakat melakukan workshop tryout UKW virtual menggunakan aplikasi Zoom, diperuntukkan bagi para peserta Pra-UKW MOI angkatan I, II, III dan IV sebelum UKW digelar.

Demikian penegasan Sekretaris Jenderal DPP MOI, HM. Yusuf Rizal saat melakukan kunjungan ke Solopos Institute yang didampingi Ketua Harian DPP MOI, Siruaya Utamawan dan Ketua DPW MOI Jawa Timur, Agung Santoso, serta Dewan Pembina DPW MOI Lampung, Hani Tyan Tamimi (2/6).

“Kehadiran DPP MOI ke Solopos Institute dalam rangka memantapkan kerjasama untuk peningkatan kompentensi SDM jurnalis media anggota MOI, agar dalam menjalankan peran dan fungsinya lebih profesional, kritis, konstruktif dan independen,” tegas HM. Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian DPP MOI, Siruaya Utamawan menyampaikan bahwa kunjungan ini, selain membahas tentang persiapan materi workshop try out UKW, juga membahas non materi yakni pemberkasan yang harus dipersiapkan oleh calon peserta UKW.

Workshop Try Out UKW sangat beda dengan workshop jurnalistik Pra-UKW. Workshop try out UKW bertujuan guna mengetahui tingkat kemampuan dan kesiapan calon peserta menghadapi UKW.

“Pelaksanaan Workshop try out UKW ini akan dipandu oleh para narasumber penguji UKW dari Solopos Institute yang menyajikan pendalaman materi-materi yang diujikan pada UKW. Dari hasil workshop try out UKW itu, MOI bersama Solopos Institute akan menilai para calon peserta UKW dengan kategori merah, kuning, hijau,” ujar Siru sapaan akrab Ketua Harian DPP MOI, Siruaya Utamawan.

Kunjungan DPP MOI yang berlangsung pukul 14.00 – 17.00 WIB di Griya Solopos tersebut diterima Manajer Solopos Institute, Sholahuddin, Penguji UKW, Tifaul Arifin, Pemimpin Redaksi Solopos Grup, Rini Yustiningsih.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan DPP MOI ke Solopos Institute, sehubungan dengan tindak lanjut kerjasama Pra-UKW menuju UKW, Solopos Institute mengapresiasi niat dan semangat DPP MOI. Solopos Institute akan menyusun konsep dan materi pengkayaan yang akan disajikan pada workshop try out UKW,” ujar Manager Solopos Institute, Sholahuddin.

Sementara itu Ketua DPW MOI Jawa Timur, Agung Santoso dalam kesempatan tersebut mengusulkan kepada para penguji UKW yang akan menjadi narasumber workshop try out UKW memberikan penyajian secara terinteragasi, sehingga para peserta mudah memahami secara utuh.

“Saya mengharapkan di workshop try out UKW, ada penyajian contoh-contoh yang dikaji secara detil dalam kaitan 12 materi yang diujikan,” pungkas Agung Santoso.(Red)