Belasan Pewarta Deklarasikan PWJ Untuk Mewujudkan Jember Lebih Baik

Jember — Metrosoerya. Net. Perserikatan Wartawan Jember (PWJ) bersama belasan pewarta mendeklarasikan diri atas terbentuknya PWJ, Minggu malam (11/04/2021). Kustiono Musri, selaku penggagas PWJ, berharap agar dengan terbentuknya PWJ bisa membawa Kabupaten Jember yang lebih baik.

“Kita berserikat bukan karena untuk kerjasama media dengan pemerintah kabupaten. Tapi kita berserikat untuk lebih profesional dan menyatukan semangat untuk membangun Kabupaten Jember yang lebih baik sesuai dengan jargon Bupati dan Wakil Bupati Jember, Hendy – Gus Firjaun “Wayahe Bangun Jember”,” ucap Ketua Formatur PWJ, Kustiono Musri, di Yasrama, jalan Rasamala gang Sanggarmas kelurahan Baratan kecamatan Patrang, Minggu malam (11/04/2021).

Kustiono berharap agar wartawan di Jember tidak terkotak – kotak. “PWJ juga terbentuk atas inisiasi bupati Hendy untuk merangkul semua media di Jember yang bertujuan membangun kabupaten Jember,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris AJI Tapal Kuda, Adi Faidzin menyambut baik lahirnya PWJ. “Kita menyambut positif lahirnya PWJ, senyampang program PWJ untuk menciptakan wartawan yang profesional dan taat kode etik jurnalistik,” terangnya.

“Uji Kompetensi Wartawan (UKW) memang bertujuan untuk meminimalisir munculnya oknum yang mengaku wartawan dan menyalahgunakan profesi tersebut untuk hal negatif. Tapi wartawan ber UKW juga tidak menjamin tidak akan melakukan hal-hal yang pelanggaran,” jelasnya.

Adi juga mengatakan bahwa, hal terpenting dalam pandangannya adalah apakah produk jurnalis sudah sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. “Dulu pernah ada mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang tergabung dalam pers mahasiswa yang mengungkap kasus kekerasan seksual dan mendapat penghargaan,” ucapnya.

“Saya berharap kehadiran PWJ bisa semakin menumbuhkan jurnalis yang positif,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan politisi Nasdem David Handoko Seto,”wartawan bisa dilihat dari kualitas berita dan update beritanya.Dan berita tersebut bisa mencerdaskan bangsa,” tegasnya.

“Saya juga berharap pemerintah juga bisa memfasilitasi untuk menggelar UKW bagi wartawan Jember yang belum ber UKW,” pungkasnya. (Herman).